banyaknya kenakalan di kalangan remaja

Critical Thinking

BANYAKNYA KENAKALAN DI KALANGAN REMAJA

Remaja adalah masa transisi antara masa anak-anak dan dewasa yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun secara psikis.  Usia remaja berkisar antara 12 tahun-21 tahun. Masa ini seorang remaja mengalami suatu perkembangan sehingga dirinya terdorong untuk lebih tahu mengenali banyak hal. Namun,masalah pun timbul karna rasa ingin tahu itu mancapai luar batas. Masalah yang berkaitan dengan remaja ini sering di sebut”KENAKALAN REMAJA”. Kenakalan remaja adalah suatu pelanggaran yang melanggar norma,aturan atau hukum agama serta hukum masyarakat yang dilakukan pada usia remaja. salah satu kenakalan remaja yang akan saya bahas yaitu pengaruh budaya luar terutama NARKOBA.

Seiring dengan perkembangan teknologi,transportasi yang kian mencanggih, budaya dari laur pun dapat masuk dengan mudah dan sanyangnya remaja di Indonesia menanggapi hal-hal yang negatif saja seperti’NARKOBA’. NARKOBA adalah obat-obattan berbahaya yang sebenarnya bertujuaan untuk membius pasien namun narkoba ini di salahgunakan menjadi suatu kebutuhan hidup bagi orang-orang tertentu. Menjadikan narkoba sebagai kebutuhan hidup yang seharusnya itu tidak di lakukan karna itu merupakan suatu kesalahan yang besar. Menurut saya,ini bisa terjadi karna rasa keingintahuan berlebihan yang timbul serta kurangnya pengawasan dari orang tua dan juga kurangnya penanaman pendidikan agama dan moral yang seharusnya wajib dimiliki setiap remaja.

Korban dari narkoba ini cukup banyak terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa,terbukti dari data yang di keluarkan BADAN NASIONAL NARKOTIKA pada tahun 2016 menyebutkan bahwa pengguna narkoba dikalangan remaja mencapai 27,32%  yang disebutkan kepala subdirektorat lingkungan pendidikan BNN Agus susanto,pada senin (30/10) di sela-sela deklarasi pelajar anti narkoba,kekerasan anak, dan pencegahan HIV-AIDS di stadion korpri di kecamatan Cisaat,kabupaten sukabumi.

Sebenarnya kenakalan di kalangan remaja ini dapat diminimalisirkan dengan menyibukkan para remaja dengan berbagai kegiatan yang positif,salah satunya dengan kegiatan agama,kegiatan soial,kegiatan ekstrakulikuler,dan berbagai kegiatan menguntungkan dirinya sendiri dan orang banyak. Di masa remaja biasanya para remaja sedang mencari jati diri,nah di saat ini peran orang tua,guru,dan lingkungan lah yang dapat membentuk jati diri seorang remaja,jik seandainya andai kata keluarga dan lingkungan sekitar tidak baik maka remaja itu akan otomatis menjadi tidak baik hingga dapat menimbulkan kenakalan remaja,maka dari itu lingkungan menjadi hal pencegah suatu tindak kekerasan dan kekriminalaitas di kalangan remaja. Namun tidak hanya lingkungan lah yang berpengaruh tetapi pergaulan juga harus mendapat perhatian dari orang tua,orang tua harus tau dengan siapa anak nya berteman serta dengan siapa anaknya bergaul.

Maka dari itu mari lah remaja Indonesia mari kita lawan NARKOBA kita hindari NARKOBA kita musnahkan NARKOBA hidup anda akan lebih indah tampa NARKOBA.Jauhi NARKOBA serta KENAKALAN REMAJA maka hidup mu tentram.

Berikut salah satu bentuk dari hal yang salah yaitu narkoba yang sering di salahgunakan remaja Indonesia sebagai hal untuk kesenangan seaat dengan penderitaan berpanjangan.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of