Bentuk Siswa Mandiri dan Kompeten

Aktifitas, Personal Building

Nama Garuda Muda Camp (GMC) sudah tidak asing lagi di telinga pelajar yang ada di Bintan. Salah satu wadah atau komunitas yang dibentuk oleh PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), untuk memberikan pelatihan dan ilmu bagi siswa-siswa menghadapi dunia kerja serta membentuk mental kemandirian.

Wadah ini sudah bertahun-tahun berdiri, dan sudah puluhan siswa belajar serta menimba ilmu yang tidak pernah didapat di bangku sekolah.Tentu, pelatihan lewat wadah ini merupakan bentuk kepedulian PT BRC kepada lingkungan sekitar. Khususnya, untuk memajukan dunia pendidikan.

Siswa yang dipilih dilatih dan diberi kemampuan diri dan mental. Komunitas yang menyatukan beberapa siswa dari berbagai sekolah tingkat atas (SMA) di Bintan ini, membentuk suatu kelompok yang mampu secara akademis dan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk langsung dipraktikkan di dunia kerja. Seperti, kemampuan di sektor dunia pariwisata, sektor pendidikan, sektor industri hingga pembelajaran menjadi wirausaha muda yang terampil, kreatif dan tangguh.

Affandi Gunawan, salah satu siswa kelas 11 SMK Perkapalan Tanjunguban yang merupakan ketua tim siswa dalam GMC angkatan ke 6 saat diwawancarai Tanjungpinang Pos, Kamis (28/8) menjelaskan bahwa komunitas tersebut, adalah wadah untuk belajar siswa dengan latar belakang berbeda dan dibentuk kemampuannya sesuai dengan bakat kemampuannya.

“Di GMC kami mendapat pelatihan dan pendidikan yang tidak mungkin belum ada di sekolah formal, di situ kami diberi pendidikan untuk membentuk mental dan kemampuan diri untuk menjadi sumber daya manusia yang berkompeten, baik secara akademik maupun praktek,” terangnya.

Dikatakannya, setelah mereka mendapat pelajaran dan pembentukan mental yang baik serta kemampuan diri di bidang tertentu, maka kemampuan tersebut harus dipraktikkan di lapangan.

“Salah satu contohnya, kami diajarkan dan dilatih langsung belajar di dunia kerja seperti di bidang industri otomotif, dunia pariwisata perhotelan, kemampuan pengelolaan administrasi di perkantoran serta wirausaha yang langsung terjun di masyarakat,” terangnya.

Selain dunia kerja, komunitas ini juga diberikan pemahaman kepedulian sosial, seperti pengaplikasian kemampuan berwirausaha dan hasil dari wirausaha tersebut diberikan atau disumbangkan kepada masyarakat atau pihak yang membutuhkan.

Ditambahkannya, untuk siswa-siswa yang belajar di GMC adalah gabungan dari beberapa sekolah. GMC angkatan tahun ke-6 misalnya, berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 3 sekolah yaitu SMK Perkapalan Tanjunguban, SMAN 5 dan SMAN 4 Bintan.

Sementara itu, Manager Community Development (CD) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Machsun yang diwawancarai beberapa waktu lalu mengatakan, siswa-siswi GMC diberikan pelatihan kepemimpinan, entrepenuership, skill dan kemandirian. Sehingga, mampu mengembangkan kemampuan dan ketrampilan mereka menjelang dunia kerja.

“Kita beri mereka ilmu, praktik dan langsung bisa diaplikasikan di masyarakat. Untuk ilmu dan kemampuan mereka untuk melakukan suatu kegiatan  praktik di lapangan kami serahkan kebebasan kepada mereka, termasuk hasilnya akan disumbangkan ke mana terserah mereka,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya hanya memberikan fasilitas dan ilmu. Sehingga, dengan kebebasan yang diberikan, siswa yang tergabung di GMC mampu mengembangkan diri. Tentu, akan sangat penting bagi siswa untuk mengenal dunia kerja dan mengajarkan mereka bekerja secara tim. (jendaras karloan)

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of