GMC Cetak Siswa Menangkan Kompetisi Global

Aktifitas

Garuda Muda Camp (GMC) yang didirikan tahun 2009, digagas untuk mempersiapkan siswa SMA sederajat di Bintan supaya lolos UMPTN dan menerima beasiswa dari PT Bintan Resort Cakrawala (BRC).
Karena tahun-tahun sebelumnya kuota beasiswa tidak terpenuhi, akibat kurangnya siswa yang lolos UMPTN pada Perguruan Tinggi Negeri yang dituju.
GMC akhirnya berkembang menjadi ajang meningkatkan keterampilan sosial bagi siswa yang berminat. Fokus pelatihannya leadership, pengembangan diri, pengenalan profesi, dan enterpreneur school.

Alumni dari GMC saat ini mendapatkan beasiswa dari PT BRC untuk kuliah di Politeknik Batam, Akademi Maritim Nasional Indonesia (AMNI) di Semarang, Sahid Bintan Tourism Institut (SBTI) dan Shatec Singapura.

Tercatat beberapa alumni saat ini bekerja di Hotel Nirwana, Bintan Lagoon, Club Med, maupun Banyan Tree. Sebagian lagi masih melajutkan ke Perguruan Tinggi secara mandiri.

“Setiap tahun kita meluluskan 20 siswa GMC dan setiap tahun kita juga merekrut 20 siswa SMA sederajat menjadi anggota GMC. Saat ini alumni GMC masih kuliah di Poltek Batam dua orang, AMNI 1 orang, SBTI 3 orang.

Tahun ini yang diterima di Shatec Singapura ada 1 orang, yaitu Adi, anak dari Desa Pengudang. Semua mendapatkan beasiswa dari PT BRC. 10 alumni kuliah mandiri, dan lainnya bekerja di hotel,” kata Pembina GMC Machsun, yang juga Community Development Manager PT BRC, Lagoi, baru-baru ini.

Untuk pelatihan enterpreneur school tahun ini, anggota GMC dari empat angkatan yang berjumlah 80 siswa, dibagi dalam empat grup. Masing-masing grup dibekali Rp100 ribu guna melakukan usaha. Ternyata dari modal yang diberikan masing-masing Rp100 ribu, didapatkan keuntungan Rp100 ribu dari masing-masing grup.

“Keuntungan Rp400 ribu tersebut disumbangkan oleh siswa ke Masjid di Sebong Lagoi. Artinya mentalitas wirausahawan siswa sudah berhasil kita bangun dari GMC ini, walau masih dasar-dasar wirausaha,” jelasnya.

Harap Machsun, semua alumni GMC mampu bersaing secara global, bermental percaya diri, mendapatkan beasiswa, mampu kuliah mandiri, siap kerja, atau siap mendirikan usaha.

“Harus mampu dalam persaingan global, baik dalam melanjutkan ke Perguruan Tinggi, bekerja ataupun mendirikan usaha,” imbuhnya.

Setiap siswa SMA sederajat yang ingin mengikuti GMC harus melalui tahapan test minat. Karena setiap angkatan dibatasi hanya 20 siswa. Dan aktifitas pelatihan diadakan pada musim liburan semester.

“Kita hanya mengambil 20 siswa yang berminat dan lulus tes wawancara dan tertulis,” ujarnya. (rof)

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of