MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

Ilmu Pengetahuan

MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

           Buah naga merupakan salah satu buah yang bernilai jual tinggi, buah naga sendiri berasal dari Mexico, Amerika Selatan dan Amerika tengah. Khusus didaerah Provinsi Kepulauan Riau sendiri, buah naga sudah banyak ditanam oleh masyarakat setempat. Daerah penghasil buah naga di Kepulauan Riau sendiri adalah Batam. Tidak hanya Batam, di daerah Bintan sendiri buah naga sendiri mulai dibudiyakan, bahkan dipekarangan rumah-rumah masyarakat.

Manfaat buah naga bagi kesehehatan diantaranya adalah:

   1. Mencegah Kanker. Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang             sangat baik bagi kesehatan, yang mana kandungan antioksidannya                dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker yang ada didalam tubuh kita.          Buah naga merah memiliki kandungan antioksidannya juga sangat                  bagus dalam menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh kita,                warna merah pada buah naga merah merupakan kandungan fitokimia.

   2. Meningkatkan nafsu makan. Buah naga memiliki kandungan vitamin             B1 yang berperan aktif dalam penyerapan protein dan berperan dalam          pengubahan karbohidrat menjadi sumber energi yang dapat                              meningkatkan stamina tubuh kita, dan dari proses penyerapan protein          ini buah naga berperan aktif dalam meningkatkan nafsu makan.

   3. Menjaga kulit agar tetap sehat. Dalam menjaga kesehatan kulit kita si           buah naga sendiri mengandung vitamin C, yang mana kita ketahui                   bahwa vitamin C ini adalah salah satu vitamin yang sangat bagus dalam         merawat kecantikan kulit. Di area zaman milenial ini buah naga sangat         banyak dipergunakan dalam bidang kecantikan seperti Facial yang                 terdapat di klinik kecantikan.

   4. Mencegah diabetes. Selain ubi jalar, buah naga juga mengandung                   kadar gula rendah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes,                 terutama diabetes melitus.

   5. Melancarkan pencernaan. Sama halnya dengan buah pepaya, buah                 naga juga berperan dalam membantu memperlancarkan proses                       pencernaan didalam tubuh. Karena buah naga mengandung serat alami.

   6. Kandungan nutrisi dalam buah naga dalam kesehatan Ibu Hamil.

       A. Vitamin C Vitamin C yang ada didalam buah naga sendiri sangat                     dibutuhkan oleh janin untuk meningkatkan sistem imun dalam                       menghindari si janin dari berbagai penyakit yang dapat menggangu               proses kehamilan dan tumbuh kembang pada janin.

       B. Karbohidrat Dalam proses kehamilan, janin lebih membutuhkan                      asupan karbohidrat yang sangat bagus selain dari nasi. Salah satu                    alternatifnya ialah dengan mengkonsumsi buah naga sehingga                          nutrisi pada janin terpenuhi dan Ibu Hamil juga tidak bosan.

       C. Asam folat Buah naga sangat berperan dalam mengatasi terjadinya                 kelahiran prematur. Yang mana kandungan asam folat dapat                             membantu membuat sistem syaraf dan mengurangi terjadinya resiko             cacat pada janin.

       D. Vitamin B1 Dalam proses kehamilan sering terjadi kasus dimana ibu              hamil mengalami penyakit beri-beri, untuk itu buah naga sendiri                    berfungsi dalam menangkal atau sebagai zat kekebalan tubuh bagi                  ibu hamil. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of