Mekanisme SBMPTN Tahun 2018

Aktifitas, Event, Inspirasi, Pendidikan
SBMPTN 2019

Mekanisme SBMPTN tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, pemerintah menghilangkan ujian menggunakan kertas dan bertransformasi menjadi ujian berbasis komputer. Semua tes akan dilakukan dengan sistem UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Lalu bagaimana sih tahapan pelaksanaan UTBK tersebut? Simak diagram di bawah ini:

Mekanisme SBMPTN 2019
Tahap Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019

Jadi pada prinsipnya, sebelum mendaftarkan diri kalian ke sistem SBMPTN, kalian harus mendaftarkan diri dulu untuk mengikuti UTBK yang dijadwalkan pada tanggal 13 April – 26 Mei 2019. Baru setelah mengikuti ujian dan mendapatkan skor dari UTBK maka siswa dapat mendaftar ke sistem SBMPTN untuk memilih prodi & PTN yang dikehendaki. Intinya, ujian dulu baru daftar ke perguruan tinggi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kita harus melakukan pemilihan prodi dan universitas kemudian baru ujian. Sistem 2019 ini kami rasa akan sangat membantu adik-adik dalam mengukur kemampuan dan memudahkan untuk memilih perguruan tinggi negeri yang sesuai dengan nilai yang di dapat saat UTBK. Namun, harus tetap diingat setiap sistem pasti memiliki tantangannya masing-masing. Jadi meski kelihatannya di 2019 sistemnya lebih baik dan dipermudah, jangan sampai membuat kalian lengah dengan tidak belajar dengan giat. Ingat, persaingan 2019 diprediksi akan semakin tambah sengit. Untuk merangkum perbedaan-perbedaan anatara mekanisme SBMPTN tahun sebelumnya dengan SBMPTN 2019, simak tabel berikut ini.

Mekanisme SBMPTN 2018 dan 2019
Tabel Perbandingan Perbedaan SBMPTN 2018 dan 2019

Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2019

Setelah kita mendapatkan nilai dari UTBK, kita dapat mengakses halaman LTMPT dan melakukan pendaftaran SBMPTN 2019 secara online. Setelah dapat masuk ke halaman tersebut lakukanlah hal berikut ini:

  1. Mengisi biodata (kecuali bagi yang lolos SBMPTN)
  2. Mengunggah dokumen sesuai persyaratan termasuk portofolio bagi program studi bidang keolahragaan dan seni
  3. Memilih PTN dan Program Studi (maksimum 2 program studi. Boleh Dalam satu PTN atau dua PTN di manapun)

Setelah semua telah diisi, kita tinggal menunggu hasil SBMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019. Ingat bagi siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN otomatis tidak bisa mendaftarkan SBMPTN. Jadi jangan asal-asalan dalam pemilihan jurusan!

Kerangka Waktu Pendaftaran SBMPTN
Kerangka Waktu Pendaftaran SBMPTN

Program Beasiswa PT. BRC

PT. Bintan Resort Cakrawala menawarkan program beasiswa S1 untuk putra-putri daerah. Program beasiswa ini lebih dikenal dengan nama Higher Education Assistance, Bintan Resorts Peduli Pendidikan. Untuk mendapatkan beasiswa ini, salah satu persyaratan yang harus ditempuh pelamar beasiswa adalah lolos SNMPTN atau SBMPTN. Simak gambar di bawah untuk informasi lebih lanjut. Postingan mengenai program beasiswa HEA ini akan disampaikan secara terpisah.

Brochure Beasiswa HEA 2019
Brochure Beasiswa HEA 2019

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of