Otak-otak Jajanan dari Bintan

Pariwisata

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

   Dalam kesempatan ini saya akan memperkenalkan jajanan khas dari tanah Melayu, tepatnya di Bintan. Sebelumnya apakah ada yang sudah tahu jajanan otak-otak? mungkin bagi teman-teman pembaca sekalian yang belum tahu otak-otak pasti berpikiran kalau jajanan ini terbuat dari otak sungguhan, bagi teman-teman yang berpikir begitu, kalian salah besar. Sebenarnya bahan utama dari pembuatan jajanan otak-otak adalah ikan ataupun sotong. Bintan merupakan salah satu pulau kecil di provinsi Kepulauan Riau, sebagian besar dari wilayah pulau Bintan ini merupakan perairan sehingga dominan masyarakat aslinya bekerja sebagai nelayan. Tak heran banyak makanan khas dari daerah ini berbahan dasar dari laut, seperti gonggong, udang sambal, dan berbagai macam olahan makanan yang berbahan dasar seafood lainnya.

    Seperti yang anda ketahui otak-otak memang berbahan dasar ikan atau sotong, namun otak-otak juga dibuat dari bumbu tradisional yang memiliki cita rasa pedas manis serta gurih. Itulah sebabnya jajanan ini menjadi favorit semua kalangan baik muda maupun tua. Otak-otak juga merupakan jajanan kaya gizi yang baik seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Jadi sudah pasti jajanan ini sehat. Jajanan otak-otak memiliki tampilan yang unik karena pembungkusnya terbuat dari daun kelapa, inilah yang menjadi ciri khas dari otak-otak. Cara memasaknya sendiri yang dengan dibakar di atas bara api hingga matang dan mengeluarkan aroma. Satu buah otak-otak dihargai dengan Rp.1000, murah bukan? Sudah murah, enak, sehat pula. Pasti anda jadi ingin mencobanya bukan?.

    Tidak perlu bersusah payah untuk menemukan jajanan ini karena disepanjang jalan Sakerah – Kampung Bugis kita dapat melihat langsung penjual yang menjajakan otak-otak. Disana anda juga dapat menikmati keindahan pantai sakerah saat sunset di sore hari sambil ditemani oleh jajanan otak-otak dan air kelapa muda bersama keluarga maupun teman, hmm pasti jadi pengen kan?. Tahukah anda?janan ini pernah diikutsertakan dalam lomba makanan daerah di Istana negara oleh salah satu mahasiswa dari Bintan. Jajanan ini lebih enak dinikmati selagi hangat, jadi untuk mencobanya anda harus datang langsung ke Bintan. Bagaimana apakah anda tertarik mencoba otak-otak? Atau mungkin anda tertarik untuk ke Bintan? 

EdelinSafitri/SMA NEGERI 1 BINTAN UTARA/X MIA 2

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of