Selamat Datang Garuda Muda Angkatan X

Aktifitas

27 Garuda Muda Bintan digembleng untuk pertama kalinya di Lagoi pada tanggal 3 sampai 7 Januari 2017. Mereka mengikuti serangkaian kegiatan Garuda Muda Camp yang diselenggarakan oleh Community Development Department PT. Bintan Resort Cakrawala dari pukul 05.00 sampai pukul 22.00 setiap harinya.

Pada angkatan kali ini, Garuda Muda camp A lebih difokuskan pada pengenalan (pengantar) terhadap dunia kepemimpinan, entrepreneurship, public speaking, dan Communication Skill. Camp A ini diharapkan dapat menjadi pengantar menuju pelatihan yang lebih serius di camp B yang akan dilaksanakan pada liburan semester mendatang.

Pada sesi Introduction to Public Speaking misalnya, anak-anak diperkenalkan pada ruang lingkup Public Speaking dan berbagai teknik dasar public speaking. Pada Camp B mendatang, target peserta GMC akan lebih spesifik yakni lebih bagaimana membangun Confidence, citra diri, dan teknik menulis untuk public speaking. Nantinya, peserta juga akan dibekali dengan keterampilan public speaking dalam pelbagai bidang yang dikehendaki, namun dalam hal ini kecakapan dalam mengolah kata-kata menjadi hal utama yang akan dibentuk.

Skill kepemimpinan peserta juga akan terus diasah melalui kegiatan-kegiatan yang merangsang naluri memimpin. Community Development melihat tiap-tiap individu peserta Garuda Muda Camp merupakan pemimpin potensial yang harus terus dipupuk agar dapat menemukan karakter dan jenis kepemimpinan sesuai dengan kepribadian masing-masing.

Oleh sebab itu, sebagai landasan utama untuk membentuk para peserta Garuda Muda Camp, sangat penting adanya kesadaran akan potensi dan kekurangan pada masing-masing individu pesera GMC. Untuk membantu peserta mengidentifikasi hal tersebut, sebuah sesi pengukuran psikologi DISC dilaksanakan juga pada kegiatan Garuda Muda Camp untuk angkatan X. Alhasil, peserta jadi tahu potensi kecenderungan pola komunikasi mereka dan bagaimana menempatkan diri dalam pergaulan. Namun, DISC hanyalah salah satu saja contoh perangkat tes yang digunakan untuk membantu peserta menemukan potensi kecenderungan komunikasi mereka. Masih ada lagi sesi lain yang bertujuan untuk membantu mengidentifikasi potensi dan kekurangan peserta.

Dibantu oleh kakak-kakak senior mereka, angkatan X begitu bersemangat untuk mengikuti seluruh kegiatan Garuda Muda Camp kali itu. Hal ini terbukti dengan adanya tingkat partisipasi yang penuh dari angkatan X. Semoga kebersamaan dan semangat mereka ini akan menular ke teman-teman lain yang belum berkesempatan bergabung bersama Garuda Muda Bintan. Semangat terus Garuda Muda Bintan angkatan X dan selamat datang!

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of