Sistem Seleksi Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2019

Aktifitas, Inspirasi, Pendidikan, Personal Building
Gambar seleksi mahasiswa baru

Sistem selesi mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2019 mengalami beberapa perubahan. Perubahan ini sangan signifikan dan cukup membingungkan bagi sebagian besar calon mahasiswa baru yang tengah duduk di bangku kelas XII SMA/MA/MK. Salah satu perubahan yang signifikan terjadi pada sistem seleksi mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pada tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN dilakukan melalui 3 jurusan tes yang terbagi menjadi tiga jenis yakni SAINTEK untuk yang mengambil jurusan IPA (atau pelajaran eksakta sejenis turunannya), SOSHUM untuk yang mengambil jurusan IPS (atau pelajaran sosial humaniora lainnya beserta turunannya), dan IPC bagi yang mengambil jurusan campuran antara IPA dan IPS. Namun, di tahun 2019 ini pemerintah hanya menawarkan dua jenis tes saja yakni SAINTEK DAN SOSHUM. Bagi siswa yang memilih jurusan dari kategori IPA dan IPS harus mengambil tes 2 kali yakni dengan mengikuti tes SAINTEK dan SOSHUM. Nah hal-hal apa saja sih yang perlu diperhatikan mengenai sistem seleksi mahasiswa baru tahun 2019 ini? Simaklah informasi berikut ini. Namun sebelum menyimak informasi ini lebih lanjut, jangan lupa untuk share informasi ini agar bermanfaat bagi teman-teman lainnya yang membutuhkan.

Persaingan Seleksi Mahasiswa Baru Tahun Lalu

Tahukan kamu betapa sengitnya persaingan seleksi masuk PTN pada tahun 2018 lalu? Coba simak fakta berikut ini:

Perbandingan Seleksi Mahasiswa Baru SNMPTN dan SBMPTN 2018
Perbandingan Seleksi Mahasiswa Baru SNMPTN dan SBMPTN 2018

Dari data di atas kaian sudah dapat gambaran dong betapa ketatnya persaingan pada seleksi masuk PTN tahun 2018 lalu. Kita bisa mengambil pelajaran yang sangat berharga dari data tersebut bahwa baik itu SNMPTN dan SBMPTN tidak boleh dianggap remeh. Sedini mungkin kalian harus memersiapkan tes yang sangat kompetitif ini. Jangan lagi berfikir mengenai untung-untungan dalam mengikuti seleksi ini, karena dari tahun ke tahun sistem seleksi ini selalu diperbaharui dan dimutahirkan. Pada tahun 2019 diprediksi jumlah peserta SBMPTN dan SNMPTN akan bertambah.

Apa Saja yang Mengalami Perubahan di 2019?

Pertanyaan besarnya, apa saja sih yang berubah di seleksi mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri ini?

  • Materi Tes
  • Metode Tes
  • Kesempatan Mengikuti Tes
  • Cara Perolehan Hasil Tes
  • Kelompok Ujian
  • Kelembagaan (dahulu panitia yang tidak permanen namun sekarang sudah dibentuk lembaga tes masuk perguruan tinggi – LTMPT yang permanen)

Sistem Seleksi Masuk PTN 2019

Masih mengadopsi sistem pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 pemerintah masih menerapkan 3 sistem seleksi yakni, SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Sistem Seleksi Mahasiswa Baru Masuk PTN 2019
Sistem Seleksi Masuk PTN 2019

Sistem seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau lebih dikenal sebagai jalur prestasi/undangan merupakan sistem seleksi non tes. Siswa biasanya akan dikoordinir oleh sekolah untuk melakukan pendaftaran melalui sistem seleksi ini secara kolektif. Masing-masing sekolah di nusantara memiliki jatah jumlah pendaftar maksimal untuk SNMPTN sesuai dengan kualitas akreditasi masing-masing sekolah. Siswa yang mendaftar melalui sistem seleksi ini tidak akan dilakukan ujian melainkan seleksi berdasarkan prestasi akademik dan nonakademik selama sekolah.

Berbeda dengan SNMPTN, sistem seleksi SBMPTN adalah sistem seleksi dengan instrumen tes. Peserta akan dites dengan sederat instrumen tes agar dapat masuk ke perguruan tinggi negeri idaman. Tes ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk SBMPTN 2019 akan dilakukan dengan ujian berbasis komputer.

Selain daripada dua sistem seleksi di atas, ada satu sistem seleksi terakhir apabila siswa tidak lolos jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Sistem seleksi ini adalah Ujian Mandiri. Ujian Mandiri diselenggarakan oleh masing-masing universitas.

Kuota seleksi mahasiswa baru 2019
Kuota Masing-Masing Sistem Seleksi Masuk PTN 2019

Lalu bagaimana pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri? Klik link di bawah untuk lanjut membaca.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of