Sosialisasi Garuda Muda Camp X

Aktifitas
Garuda Muda Camp X

Community Development Department melakukan sosialisasi tentang kegiatan Garuda Muda Camp (GMC) yang dilaksanakan di 5 sekolah yang berada di Bintan, yaitu SMK Perkapalan Tanjung Uban, SMK Muhammadiyah Tanjung Uban, SMAN 5 Sakera, SMAN 4 Sri Bintan, dan SMKN 1 Tanjung Uban. Sosialisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMA/SMK dengan pengetahuan, keahlian dan motivasi untuk mencapai tujuan dan cita-cita serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti program beasiswa PT. BRC yaitu beasiswa menuju ke Perguruan Tinggi Negri atau memberitahukan peluang kerja yang ada.

Kegiatan GMC tahun ini sudah generasi yang ke-10, diperuntukkan untuk siswa yang masih duduk dibangku kelas X (sepuluh) dan sosialisasi kegiatan GMC ini berjalan selama seminggu. CD Dept melakukan sosialisasi ini untuk mencari pelajar yang mempunyai komitmen tinggi, dan kemauan untuk berubah.

Sosialisasi mengenai kegiatan GMC sudah dimulai pada hari Selasa, 11 Oktober 2016. Hari pertama sosialisasi ini dilaksanakan di sekolah SMK Perkapalan yang terletak di Tanjung Uban, dan sosialisasi berjalan dengan lancar. Antusiasme siswa untuk mengikuti sosialisasi tentang kegiatan GMC sangat baik, terlihat dari kahadiran siswa yang kurang lebih 50 orang siswa hadir dalam sosialisasi, juga terlihat pada formulir pendaftaran yang kami berikan kepada seluruh siswa kelas X (sepuluh) dan 38 siswa diantaranya menyerahkan kembali formulir tersebut untuk mengikuti kegiatan GMC selanjutnya.

Hari Ke-2 pada hari Rabu, 13 Oktober 2016, sosialisasi dilaksanakan di sekolah SMK Muhammadiyah Tanjung Uban. Sama dengan sosialisasi hari pertama, sosialisasi hari kedua juga berjalan dengan lancar, walaupun kehadiran siswa hanya 27 orang siswa saja tetapi antusiasme siswa untuk mengetahui kegiatan GMC ini sangat besar, terlihat saat beberapa orang siswa mengajukan beberapa pertanyaan kepada fasilitator mengenai hal apa saja yang dilakukan dalam kegiatan GMC.

Hari Ke-3 pada hari Selasa, 18 Oktober 2016, sosialisasi dilaksanakan di sekolah SMAN 4 Sri Bintan. Sekolah dengan siswa terbanyak yang mengikuti sosialisasi hingga 170 siswa yang hadir pada hari tersebut. Banyaknya siswa yang hadir sosialisasi tidak membuat sulit dalam berjalannya sosialisasi, siswa tetap memperhatikan fasilitator saat menjelaskan mengenai kegiatan GMC dan sosialisasi pun terlaksana dengan lancar dan baik, juga banyak siswa putra maupun putri melontarkan pertanyaan tentang kegiatan GMC tentang manfaat-manfaat GMC untuk diri sendiri maupun perusahaan yang melaksanakannya.

Hari Ke-4 pada Hari Rabu, 19 Oktober 2016, sosialisasi dilaksanakan di sekolah SMAN 5 Sakera

Hari Ke-5 pada Hari Kamis, 20 Oktober 2016, sosialisasi hari terakhir ini dilaksanakan di sekolah SMKN 1 Tanjung Uban. Tidak hanya kelas X(sepuluh) saja yang hadir pada hari tersebut, siswa kelas XII(dua belas) yang sudah mengikuti kegiatan GMC juga turut hadir dalam sosialisasi dengan didampingi oleh guru. Sebanyak 6 orang siswa kelas XII yang hadir, mereka memberikan motivasi untuk siswa kelas X untuk wajib mengikuti kegiatan GMC ini, karena kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri, seperti kita akan lebih percaya diri saat berbicara di depan banyak orang.

Sosialisasi sudah berlangsung selama seminggu, siswa yang sudah mengumpulakan formulir pendaftaran GMC pada hari berlangsungnya sosialisasi tersebut dapat mengikuti tahapan yang lebih lanjut yaitu Tes Psikotes dan English Tes di minggu selanjutnya yaitu pada tanggal 17-21 Oktober 2016.

Siswa yang sudah mengikuti semua tahapan tes hingga akhir tes yaitu Interview, siswa dapat mengikuti kegiatan GMC yang akan dilaksanakan pada bulan Desember selama 5 hari. Pada kegiatan GMC tersebut siswa akan mendapatkan pelatihan tentang kepemimpinan, entrepreneurship, pengembangan kepribadian, pelatihan essential hard skills dan soft skills. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kepribadian, mengembangkan potensi, mengasah kemampuan entrepreneurship serta mencetak generasi yang siap bersaing dan memajukan bintan, khususnya di bidang pariwisata.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of