SHITPOSTING? Apa itu? Apa sih dampaknya?

Pernah liat postingan beginian di facebook? 

Prakata

               Hallo Semuanya! Ketemu lagi samaku disini! Kali ini aku bakal ngebahas salah satu hal yang menarik di medsos, khususnya Facebook. Namanya adalah Shitposting. Apa itu shitpost? Tahi? Postingan? Apaan sih?
              Jangan ngaku anak lama atau anak edgy di medsos kalo belum tau apa itu shitpost. Sekarang ini shitpost jadi salah satu konten yang sering dikonsumsi kalangan remaja maupun dewasa. Mungkin secara gak sadar, kalian pasti udah pernah liat-liat konten shitposting di timeline kalian. Buat yang pada penasaran, Ayo scroll kebawah!

 

WARNING! Tulisan ini semi ilmiah, jadi jangan bosan bacanya ya!

 

1.Pengantar

            Facebook merupakan situs jejaring sosial raksasa yang menghubungkan milyaran orang di duniaAdapun kalangan remaja berusia 13-19 tahun mendominasi dengan 33 persen pengguna. Maka bukanlah hal yang mengherankan apabila sering ditemukan status-status alay buatan para remaja di linimasa facebook.

Hal ini menyiratkan bahwa kalangan remaja indonesia cukup menjanjikan sebagai target pasar, sehingga banyak pesohor yang berlomba-lomba membuat konten-konten yang menarik demi mendapat keuntungan. Salah satu yang menarik perhatian dan menjadi viral adalah konten shitposting, yang akan dibahas kali ini.Adapun Rumusan Masalah yang akan dibahas yaitu:

(1) Apa itu shitposting?, dan

(2) Apa dampak konten shitposting terhadap karakter remaja pengguna jejaring sosial facebook?

 

  1. Pengertian Shitposting

            Shitposting adalah tindakan menyajikan konten hiburan secara random, yang bertujuan unjuk melawak, ataupun menyindir suatu hal. Menurut www.wikipedia.com, shitposting adalah tindakan mengirimkan konten yang agresif, ironi, maupun troll tingkat rendah dalam skala yang besar. Sedangkan menurut www.urbandictionary.com, shitposting berarti mengepos meme, video, atau gambar lain yang agak menghibur tapi seringkali tidak lucu, random, dan tidak berkaitan dengan suatu diskusi. Sedangkan konten yang disajikan disebut shitpost. Terkadang, shitposting digunakan untuk mengalihkan pembicaraan atau membuat para pengunjung situs web menjadi kurang nyaman.

Berdasarkan apa yang saya amati, rata-rata penikmat shitposting cenderung sudah cukup lama menyelam di dunia maya. Cara bercandaan shitposting yang getir, kasar, dan terkesan tidak masuk akal cenderung membutuhkan sedikit pemahaman yang lebih dalam. Orang yang baru bertemu dengan apa yang namanya shitposting belum tentu menganggap shitposting sebagai sebuah hiburan yang menarik. Malah bisa jadi orang tersebut terpancing untuk marah jika apa yang ia sampaikan ditanggapi dengan shitposting.

Contoh shitposting dalam bentuk komentar:

  1. Maaf gan numpang nanya, kalau Hotman Paris Liburan ke Kutub Utara apa bakal jadi Coldman Paris?

  2. Tau gak guys, anak introvert gak bisa masuk neraka. Soalnya gak suka tempat ramai.

  3.           Sebenarnya akutu suka iri sama pikiranku yang kemana-mana mulu. Sedangkan aku dirumah aja terus.

Contoh konten shitposting dalam bentuk gambar meme:

Contoh gambar konten Shitposting 

Contoh shitpost berupa plesetan

Ngerti maksud dan tujuan dari contoh-contoh shitpost tadi? Sama, aku juga nggak.

Tapi beginilah contoh shitposting, hanya saja konten yang disajikan disini merupakan konten pilihan karena tidak kasar ataupun vulgar.

Jika ingin melihat versi kasarnya, silahkan kunjungi laman Google atau Facebook dan ketikkan kata kunci “SHITPOST” (Risiko tanggung sendiri!)

 

  1. Dampak Konten shitposting Terhadap Karakter Remaja Pengguna Jejaring Sosial Facebook

Konten shitpost yang beredar di kalangan remaja telah memberikan dampak bagi karakter mereka. Dampak itu bisa dilihat dari unggahan di linimasa nya, maupun cara berkomentar di facebook. Dampak dari konten shitposting terhadap karakter remaja pengguna jejaring sosial terbagi menjadi 2, yaitu dampak positif dan negatif.

Dampak positif:

  1. Remaja mendapat banyak pengetahuan baru tentang isu terkini maupun pelurusan dari stigma yang terlanjur salah.
  2. Melatih remaja agar tidak mudah terpelatuk terhadap suatu candaan satir.
  3. Membangun toleransi dan suasana cair di berbagai topik sensitif.
  4. Menyegarkan pikiran yang sedang tertekan

Dampak Negatif:

  1. Konsumsi shitpost berlebihan dapat membuat selera humor remaja menjadi buruk.
  2. Remaja menjadi kasar ketika menyampaikan komentar atau opini, namun tetap menganggapnya sebagai hal yang lucu.
  3. Remaja cenderung meremehkan semua topik, sehingga sulit untuk diajak serius dalam berdiskusi.
  4. Konten shitpost yang dibagikan sembarangan dapat membuat beberapa kalangan tersinggung.
  5. Remaja menjadi dibenci karena terkesan sok tahu dan sok keren (edgy).

 

4. Saran

  1. Remaja sebaiknya lebih selektif dalam mencari konten hiburan, sehingga konten yang dilihat adalah konten bermanfaat.
  2. Remaja sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi konten
  3. Jika sudah terlanjur suka, sebaiknya remaja memilih penyedia konten shitpost yang tidak kasar ataupun vulgar.
  4. Remaja harus bisa menempatkan diri secara tepat ketika dalam sebuah diskusi, atau setidaknya melakukan shitposting yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain.
  5. Remaja harus lebih berpikiran terbuka dalam menanggapi suatu isu, apalagi bila isu yang diangkat adalah isu sensitif.

 

5. Akhir Kata

Demikian hasil tulisanku. Mohon maaf kalo ada banyak kesalahan tulisan, konteks yang gak nyambung, dan kesalahan-kesalahan lain. Kalo ada pertanyaan, pernyataan, sanggahan, tambahan, kritik, maupun saran, komentari ya!

Sekian dulu ya, sampai jumpa di tulisan berikutnya. Jalubah!

 

Referensi

Kemp, Simon. “Digital in 2018: World’s Internet Users Pass The 4 Billion Mark”. We Are Social. 1 November 2018

https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018

Septania, Rizky Chandra. “Indonesia, Pengguna Facebook Terbanyak ke-4 di Dunia”. Kompas. 1 November 2018.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/02/08181617/indonesia-pengguna-facebook-terbanyak-ke-4-di-dunia

Kontributor Wikipedia. “Shitposting”. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 1 November 2018

https://id.wikipedia.org/wiki/Shitposting

Ham, Chief Cutting. “Shit Posting”. Urban Dictionary. 1 November 2018

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Shit%20Posting (diterjemahkan)

 

Mari Mengalahkan Ragu!

Hai kamu,

Selamat hari selasa yang luar biasa, buat kamu yang terbiasa berada dalam keseharian yang menyiksa, semoga kemudahan hidup bersama anda, dan bukannya datang derita yang melanda :v JANGAN LUPA BAHAGIA!

 

 

Kali ini saya akan mengajak kalian yang membaca ini untuk ber-refleksi sejenak  soal keyakinan dan kepercayaan, terutama terhadap Tuhan Sang Pencipta. Disini saya akan memberikan sebuah cerita singkat sebagai bahan refleksi. Cekidot!

       Suatu malam ada seorang pendaki yang mendaki gunung sendirian, dan saat itu cuacanya sangat dingin.

Saat sedang mendaki tiba-tiba kakinya terpleset, ia kehilangan pijakan dan badannya bergelantungan di udara. Saat itu ia tidak lagi bisa melihat dengan jelas karena gelapnya malam, dan ketika tidak bisa mencari pijakan lagi, akhirnya ia memilih pasrah berpegangan dengan tali.

Didalam hati ia berdoa kepada Tuhan “Tuhan, tolonglah aku”

Tiba-tiba terdengar suara yang entah berasal darimana “Apakah kau percaya denganku?”

“Tentu saja aku percaya kepadamu Tuhan”

“Kalau begitu lepaskan saja peganganmu dari tali tersebut”

Pendaki tersebut ragu karena ia takut  terjatuh, akhirnya ia memilh untuk tetap berpegangan dengan tali tersebut, sambil berharap pagi segera tiba.

Pagi harinya warga sekitar menemukan mayat seorang pendaki yang diduga mati karena kedinginan. Mirisnya, tangan mayat tersebut memegang sebuah tali yang bergantung hanya 1,5  meter di atas permukaan tanah.

 

Terkadang kita berkata bahwa kita percaya kepada Tuhan,namun kita meragukan jalannya. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan pepatah kuno “Lain di Bibir, Lain di Hati”. Ini sering terjadi dalam kehidupan kita, terutama dalam keseharian kita. Kita selalu berkata bahwa kita percaya terhadap sesuatu, namun jauh didalam hati kita masih terdapat keraguan terhadap hal tersebut. Entah karena itu kurang sesuai pemikiran kita, karena tidak terbukti kebenarannya, atau bahkan karena tidak masuk akal. Memang itu sifat alamiah manusia, yang pada dasarnya baru mau mempercayai sesuatu apabila dia melihat atau mengalaminya SENDIRI. Tetapi jika kita sudah meminta petunjuk dan mendapatkannya, apa salahnya untuk mengikuti dan melaksanakan petunjuk itu.

 

Cerita diatas mengajarkan kita untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap kehidupan kita, bahkan ketika kita putus asa sekalipun. Kita sudah memilih keyakinan atau agama tertentu sebagai pedoman hidup kita. Berarti kita mempercayakan jalan hidup kita kepada Tuhan. Lalu apa lagi yang harus diragukan? Apakah menunggu penyesalan yang datang?  Mari tanyakan pada diri kita sendiri. Mari mengalahkan ragumu! -Anonymous

 

Wanna Cry?? Hell NO!

Hasil gambar untuk ransome wannacry

Seperti diketahui, internet telah menjadi media penyebaran malware yang sangat berbahaya. Dan pada tahun 2005, ancaman di dunia cyber bertambah dengan munculnya varian baru malware jenis ransomware.

Ransomware, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai malware yang memiliki kemampuan untuk mengunci komputer atau mengenkripsi file untuk mengelabui penggunanya. Tujuannya adalah membuat pengguna memberikan uang tebusan agar file yang tersandera tersebut dilepaskan.

 

Bagaimana cara kerja ransomware?

Malware yang banyak ditemukan di lebih dari 99 negara ini bekerja dalam empat cara. Pertama, ransomware melumpuhkan komputer dengan cara mematikan sejumlah tools dan program yang terdapat di registry. Kedua, ransomware melumpuhkan keyboard dan mouse, dan hanya membiarkan pad nomor aktif.

Ketiga, ransomware mengunduh dan menampilkan pesan peringatan, yang isinya mengaku-ngaku sebagai penegak hukum. Keempat, pesan peringatan tersebut menyatakan bahwa si pengguna telah diketahui mengakses konten ilegal di internet, sehingga si pengguna harus membayar sejumlah uang agar bisa mengakses komputernya.Virus komputer yang fenomenal saat ini, yaitu masih dengan ransomware WannaCry.

Tapi, bagaimana kalau kamu sudah terlanjur terkena serangan ransomware WannaCry? Untuk itu, kali ini saya ingin memberikan solusi untuk kamu yang sudah terkena virus ini. Ini dia cara mengatasi ransomware WannaCry!

 

Cara Mengatasi Virus Ransomware WannaCry Yang Mudah

Sebelum lebih jauh, Jaka ingin informasi di awal lebih dahulu tentang hal ini. Yaitu, hingga detik artikel ini ditulis belum ada cara untuk mendekripsi WannaCry. Atau mudahnya, belum ada cara untuk menyelamatkan data kamu.

Cara ini lebih ditujukan untuk menghilangkan virus, lalu memakai kembali komputer yang terinfeksi. Langsung saja, berikut cara mengatasi ransomware WannaCry. Ada dua cara, ini dia…

Cara 1: Format dan Install Ulang Windows

Hasil gambar untuk install ulang windows

Kita mulai dari cara yang mudah dahulu, yaitu dengan format dan install ulang. Cara ini lebih saya rekomendasikan.

Kenapa cara ini direkomendasikan?

Semua data-data kamu terenkripsi dan tidak bisa diselamatkan, jadi dihapus saja sekalian. Ditambah lagi dengan melakukan install ulang, sekaligus akan membuat performa komputer kamu terasa baru. Virus hilang, komputer seperti baru, caranya mudah pula. Makanya direkomendasikan. tidak merekomendasikan cara ini. Pertama rumit, kedua belum tentu suatu saat ada cara mendekripsi atau menyelamatkannya.

 

Tapi kalau kamu tetap mau dan berharap suatu saat data kamu bisa diselamatkan, ini dia langkah-langkahnya.

1488889832

Cara 2.1: Hapus Virus Secara Otomatis Dengan Antivirus

  • Cabut hard disk komputer yang terinfeksi.
  • Pasangkan hard disk yang terinfeksi dengan dock HDD atau HDD enclosure.
  • Sambungkan ke komputer lain yang sudah terinstall update antivirus KaperSky atau ESET terbaru.
  • Lakukan scan dengan memakai KaperSky atau ESET terbaru.
  • Kembalikan lagi HDD yang dilepas ke komputer.
  • Lalu boot Windows seperti biasa, selesai.

Cara 2.2: Hapus Virus Secara Manual

  • Lakukan boot ke “Safe Mode”.
  • Tekan “Ctrl + Shift + Esc”. Pada tab “Processes” cari software yang mencurigakan, biasanya memakai resouce RAM dan CPU tinggi meski dalam posisi idle. Jika ketemu, langsung klik kanan dan “End Task”.
  • Klik tab “Start Up”, lalu “Disable” semua software yang tidak kamu kenal.
  • Tekan “Win + R”, lalu ketik “Regedit”. Tekan “Ctrl + F”, lalu cari “Ransom.CryptXXX” atau “WannaCry”, jika ketemu langsung dihapus saja.
  • Terakhir cek folder-folder berikut “%AppData%”, “%LocalAppData%”, “%ProgramData%”, “%WinDir%”, “%Temp%”. Jika ditemukan file aneh atau tidak kamu kenal, langsung saja dihapus.

Catatan: Cara 2.2 ini sangat TIDAK DIREKOMENDASIKAN, apalagi jika kamu NEWBIE. Ditambah lagi mengingat biasanya virus masih tersisa.

Hasil gambar untuk RANSOMWARE

Seperti yang saya bilang diawal, belum ada satupun cara untuk mendekripsi atau menyelamatkan data yang terinfeksi virus WannaCry. Memang masih belum ada, tapi orang-orang tetap berusaha. Dilansir dari SensorsTechForum, WannaCry memakai jalur HTTP untuk mengirimkan key. Ada anggapan, bahwa key ini bisa di-sniff. Mengingat HTTP jalurnya tidak dienkripsi. Untuk melakukannya bisa pakai software antivirus.

BONUZZZ…..

Bagi yang kesulitan download Patch Windows MS17-010 untuk menangkal Ransomware WannaCrypt, bisa download disini

https://drive.google.com/open…

Tersedia untuk:
– Windows XP SP2 64bit
– Windows XP SP3 32bit
– Windows 7 SP1 32bit
– Windows 7 SP1 64bit
– Windows 8 32bit
– Windows 8 64bit
– Windows 8.1 32bit
– Windows 8.1 64bit

Windows 10 sementara ini tidak perlu patch, masih aman.

Hoax? Aku Sih No !

Hentikan-Hoax

Selamat memasuki bulan April teman-teman 🙂 . Dan tak lupa pula saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk April dan Aprilia di seluruh dunia hehe. Semoga di bulan ini banyak berkat dan rezeki datang pada kita.

 

Oke, tinggalkan sambutannya, sekarang kita masuk ke topik sesuai judul diatas yaitu ‘hoax’. Tapi apa sih hoax itu?

Arti hoax atau pengertian hoax sendiri adalah deliberately fabricated falsehood made to masquerade as truth (MacDougall, Curtis D, 1958). Kurang lebih arti hoax adalah sebuah kebohongan yang secara sengaja dibuat yang “menyamar” seolah berita itu adalah sebuah kebenaran.

 

Namun, walaupun sering dianggap sebelah mata, jangan pernah main-main dengan berita hoax . Gara-gara hoax, nyawa bisa jadi taruhannya. Sebagai contoh, Gara-gara percaya pada berita palsu di Internet, Edgar Welch nyaris menembak mati orang. wih

Pada awal Desember 2016, Edgar, 28 tahun, datang ke Restoran Comet Ping Pong di Washington, DC, sembari menenteng senapan AR-15. Edgar sempat menodongkan dan menembakkan senapannya di dalam restoran sebelum polisi mengepung dan meringkusnya. Tak ada korban terluka.

Kepada polisi, petugas pemadam kebakaran dari Kota Salisbury, North Carolina, itu mengaku datang ke Comet untuk menyelidiki kebenaran “berita” bahwa restoran keluarga yang menyajikan menu utama pizza tersebut merupakan pusat jaringan pedofil. “Aku datang dengan niat baik, tapi tak berakhir baik,” kata Edgar kepada New York Times. Walaupun tak menemukan bukti ada pedofil di Comet, dia tetap menaruh curiga terhadap restoran itu. “Informasi intelnya tak 100 persen.”

Semula, kata Edgar, dia mendengar kabar soal jaringan pedofil di Restoran Comet dari seorang teman. Hasil penelusuran bapak dua anak itu di Internet makin menambah kecurigaannya. Di Internet, Edgar menemukan sejumlah “bukti” yang menyokong kebenaran kabar itu.

Berita-berita palsu itu menyebabkan polarisasi dalam keluarga, masyarakat, pertemanan dan mengancam keharmonisan berbangsa.”

Coba saja ketik “Pizzagate: How 4Chan Uncovered the Sick World of Washington’s Occult Elite” di Google. Ada banyak sekali tautan yang memuat kabar soal jaringan pedofil di Restoran Comet. Dua di antaranya adalah The New Nationalist dan The Vigilant Citizens. Menurut dua situs ini, restoran pizza Comet Ping Pong di Washington merupakan markas geng penculik dan pemerkosa anak yang dikepalai oleh Hillary Clinton bersama ketua tim kampanyenya, John Podesta. Dari dua situs itu, berita ini menyebar ke mana-mana lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan sebagainya.

Tentu saja berita itu tak disokong bukti sama sekali. Gara-gara berita “sampah” ini, James Alefantis, pemilik Comet Ping Pong, pusing bukan kepalang. Berkali-kali James, yang tak sekali pun bertemu langsung dengan Hillary, menerima ancaman pembunuhan. James sudah menghubungi Facebook dan Twitter untuk menghapus semua berita itu. Tapi, bak rumput liar, satu mati tumbuh seribu. “Aku seperti menembak kawanan lebah dengan satu senapan,” kata Bryce Reh, anak buah James.

 

Tak peduli seorang jenderal, pemadam kebakaran, atau ibu rumah tangga, siapa saja bisa tertipu berita palsu alias hoax. Yang jadi korban bisa seorang pemimpin negara, seperti Barack Obama atau Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, bisa pula orang biasa. Para penulis berita palsu ini memang makin jago memermak tulisan dan video, membuatnya seolah-olah berita otentik.

 

Contoh lain pula, Darah muda pernah membuat Septiaji Eko Nugroho ikut membuat dan menyebarkan berita palsu untuk menjatuhkan orang-orang yang dianggapnya sebagai lawan. “Saat itu, 15 tahun lalu, saya masih kuliah dan baru kenal Internet. Mungkin karena terlalu bersemangat membela agama dan lantaran darah muda, kadang saya menggunakan hoax juga untuk menyerang lawan,” kata Septiaji. Dia masih menyesalinya sampai sekarang. “Itu menjadi penyesalan seumur hidup karena jejak digital tak bisa dihapus.”

Sekarang Septiaji dan teman-temannya di Masyarakat Anti Hoax terus berperang melawan berita palsu. Septiaji, kini Ketua Masyarakat Anti Hoax, paham betul, hoax tak hanya dilarang dalam semua norma dan haram menurut agama, tapi juga sangat merusak dan berbahaya.

“Berita-berita palsu itu menyebabkan polarisasi dalam keluarga, masyarakat, pertemanan, dan mungkin sudah mengancam keharmonisan kita dalam berbangsa. Kami khawatir hoax akan menjadi akselerasi kerusuhan fisik,” kata Septiaji. Bagaimana hoax tak berbahaya jika isu politik dan SARA jadi tema utamanya? Berita-berita palsu soal kesehatan, kata Septiaji, juga sama berbahayanya. Gara-gara berita palsu itu, nyawalah taruhannya.

 

Oke, gak cukup kita tahu arti hoax, tapi lebih lanjut kita juga harus bisa mengenali ciri-ciri barang/berita hoax kamu bisa lihat beberapa polanya loh, begini misalnya:

1. Menggunakan Judul yang “Alay”

Arti Hoax - Judul Alay

Contoh “Terungkap! Siapa sebenarnya AYAH KANDUNG Jokowi!!!!”, “Di Temukan Bidadari Jatuh di Samudra Hindia! KECANTIKANNYA MENGGODA!!”, “Ternyata, Mantanmu HAMIL!!!” *abaikan yangterakhir ini hehe

Oke, jika kamu menemukan judul-judul berita yang agak-agak alay, banyak menggunakan “tanda seru”, pake huruf GEDE-GEDE (alias kapital), oke kamu harus kudu curiga bahwa ini adalah berita Hoax.

Kenapa? Sorang jurnalis yang baik, biasanya punya manner yang baik dalam menulis sebuah karya jurnalistik. Tata EYD untuk penulisan judul biasanya akan selalu diikuti dan dipatuhi. Karena jurnalis yang baik percaya: kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari kemajuan tata dan sistem bahasanya (aseeeek).

 

 

2. Dari Laman atau Blog yang Tidak Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Arti Hoax

Berita-berita ditulis di atas laman antah berantah yang namanya aneh-aneh. Entah itu blog, website atau bahkan akun Facebook yang namanya gak jelas. Kadang namanya sholehah, tapi fotonya wanita hot dan seksi. Udah kalau lihat yang kayak gini langsung aja di-close browser mu. Biar aman buka aja lama-laman website berita yang memang punya kredibilitas. Meskipun kadang mereka juga sarat akan kepentingan politik, tapi isi beritanya masih bisa dipertanggungjawabkan di depan publik.

3. Sedikit-Sedikit Soal Agama, Sedikit-Sedikit Soal Politik

Jika lagi masa kampanye atau lagi heboh-hebohnya sebuah isu perpolitikan muncul, biasa sang pembuat berita hoax akan memanfaatkan momentum ini untuk menjaring pembaca yang tergoda bacaan-bacaan hoax. Beritanya misalnya, “AWAS, Ada Gerakan Kristenisasi di Balik Sunatan Masal”, “Islam Agama Teroris: Jauhkan Anak Anda dari Masjid”. Nah, seseorang yang terdidik pastinya biasanya sudah sangat peka dengan isu-isu yang seperti ini. Gawatnya, kadang info-info hoax semacam ini tetap disebar oleh para mereka yang “terdidik” atas dasar kepentingan politik kelompoknya atau golongannya. Bagi orang yang bijak dan tercerahakan, lihat orang yang suka share berita kayak gini pasti lansung unfollow, unfriend atau perlu block aja si penyebar berita. Hahaha

Seorang penulis berita yang baik pastinya akan menjaga asas cover both side dalam membuat berita. Haram hukumnya bagi seorang jurnalis yang baik menyebar berita, khususnya jika menyerang atau mengkritik pihak tertentu, tanpa sebuah kajian atau riset yang mendalam.

Lalu Mengapa Kita Butuh Tahu?

Buat apa sih harus tahu arti hoax? Pengertian hoax? dan menyelami ciri-ciri hoax? Banyak yang tidak sadar bahwa berita hoax semacam ini dibuat kadang-kadang bukan semata untuk “perjuangan” kepentingan politik atau golongan belaka saja. Kadang, info hoax ini adalah ladang uang bagi para pencipta berita-berita hoax. Berita yang sensasional akan mendatangkan click yang banyak ke alamat laman mereka, click yang banyak akan meningkatkan traffic. Nah dari traffic yang tinggi sini, sang pembuat hoax bisa mengkomersialkan laman hoaxnya untuk mendatangkan uang buat dirinya.

Jadi, buat kamu yang merasa pernah berpikir, “Ah, nggak apa-apa, aku cuma iseng doang baca”, atau, “Ah gak apa-apa iseng aja share, ya kalau temen gue gak mau buka juga terserah”, hati-hati karena sikapmu ini akan membuat pundi-pundi uang bagi pembuat berita hoax terus mengalir. Karena itu pula,  makin banyak yang klik maka kreator berita hoax tersebut makin semangat membuat berita hoax lainnya. Waduh!

Jadi masih mau nge-share berita hoax? kalo AKU sih NO!!

Arti Hoax dan Pengertian Hoax

*dikutip dari berbagai sumber .

Maret / March / Maart / Mars / Martius

March-15-1006x1024-235x240

“Maret adalah bulan harapan, banyak hal-hal yang tidak kita tahu terjadi pada bulan ini.”

– Emily Dickinson

Hallo, selamat merayakan Bulan Maret 🙂 Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang BULAN MARET.

Jujur saja, sebenarnya postingan ini adalah wujud dari kegabutan dikala prakerin hehe. Tapi tak apalah, mungkin akan bermanfaat bagi semuanya.

Tapi Kenapa Harus Membahas Bulan Maret???  Mungkin kalian mempertanyakan perkara gak penting ini.

Jawabannya tak lain karena saya menulis ini pada bulan Maret, dan saya berulang tahun di bulan Maret pula (untuk tanggal lihat diatas). S0, keep scrolling 😉

 

Bulan Maret adalah bulan yang sangat istimewa, setidaknya pada masa kejayaan Romawi. Karena, pada masa itu tahun baru diperingati setiap tanggal 1 Maret. Artinya, Maret adalah bulan pertama dalam kalender Romawi (sebelum kalender yang sekarang digunakan – Gregorian). Pada zaman Romawi, bulan Maret disebut Martius. Nama ini diambil dari nama dewa perang Romawi, Mars. Akan tetapi, sejak tahun 45 SM, Julius Caesar menambahkan bulan Januari dan Februari di depannya. Dari 12 bulan yang ada dalam setahun bulan Maret termasuk bulan panjang, karena terdiri dari 31 hari. Sama dengan 6 bulan panjang lainnya.

Tau Ga?? Ini Fakta Unik Tentang Bulan Maret :

legends-are-born-in-march-t-shirts-men-s-t-shirt

1.  Maret adalah bulan pertama dalam setahun dalam kalender Romawi sebelum kalender Gregorian (kalender yang sekarang digunakan). Pada zaman Romawi, bulan Maret disebut Martius. Nama ini diambil dari nama dewa perang Romawi, Mars.

2.  Zodiak : Orang yang lahir pada Maret berada di bawah salah satu dari dua tanda zodiac, yaitu Pisces dan Aries, berdasarkan apakah ulang tahun mereka pada/sebelum/sesudah tanggal 20 Maret.

3.  Bunga kelahiran : Daffodil adalah bunga kelahiran untuk bulan Maret. Daffodil atau Narcissus adalah bunga dari kawasan Mediterania berwarna emas yang melambangkan kepositifan, kemurahan hati, dan cinta yang tak terbalas. (yang terakhir nyesek)

4.  Batu kelahiran : Aquamarine dan Bloodstone adalah batu kelahiran untuk bulan ini. Aquamarine adalah varietas dari mineral Beryl yang berarti kesetiaan, keberanian, dan persahabatan. Sementara Bloodstone atau heliotrope dikaitkan dengan inovasi dan kasih sayang.

5.  Dalam bahasa Inggris kuno, Maret disebut pula Hlyda, atau Lide, yang artinya ‘riuh’; mengacu pada bahasa Inggris kuno, yang berarti keras atau riau. Hal ini dikarenakan angin pada bulan Maret bertiup sangat kencang, bising, dan riuh.

6.  Hari-hari penting pada Maret : “Daylight savings time” dimulai pada Minggu kedua bulan Maret. “Hari Perempuan Internasional” jatuh pada 8 Maret. Hari peringatan Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) pada 11 Maret. “Water World Day” pada 22 Maret. “Hari Matematika Dunia” diselenggarakan pada hari Rabu pertama saat bulan Maret.

7.  Bulan Maret disebut bulan kelahiran orang dengan suara indah. Buktinya adalah penyanyi dunia yang lahir bulan ini antara lain adalah Elton John, Celine Dion, dan Mariah Carey. Dan mungkin saya dapat sedikit anugerah ini,walaupun cuma sisanya aja hehe (abaikan)

8. Robert Frost, Michael Caine, Jessica Biel, Sasha Grey, dan Aamir Khan. Semua selebritis dunia ini (dan masih banyak artis populer lain) terlahir pada bulan Maret.

9. Orang-orang terkenal yang lahir di bulan Maret antara lain Albert Einstein, Vincent Van Gogh, Daniel Craig, Justin Bieber, dan Bruce Willis.

10. Tahukah Anda bahwa penemu telepon, Alexander Graham Bell, melakukan panggilan pertamanya pada tanggal 10 Maret 1876? Itu adalah salah satu fakta yang tak banyak orang tahu. Pada saat itu Dia menelepon asistennya dan berkata “Mr. Watson, kesinilah. Aku ingin bertemu.”

11. Menara Eiffel secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 13 Maret 1889, dan menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 41 tahun sebelum dikalahkan oleh Chrysler Building.

12. Julius Caesar dibunuh di ruang Senat di Roma pada tanggal 15 Maret 44 SM. Pembunuhan itu dipimpin oleh Marcus Junius Brutus.

13. Ungkapan “Gila, seperti kelinci dibulan Maret” (Mad as a March hare) berasal dari berperilaku aneh kelinci jantan selama musim kawin, yakni pada bulan Maret.

14. Coca Cola mulai dikembangkan pada tanggal 29 Maret 1886. Formula aslinya adalah termasuk sejumlah kecil kokain untuk memberikan peminumnya sedikit kejutan (Pedawww).

Bagi teman teman yang ingin mengetahui secara lengkap peristiwa bersejarah dari yang penting sampe yang gak ada disini : http://komunitaspecintasejarah.blogspot.co.id/2013/03/peristiwa-yang-tercatat-dalam-sejarah.html

 

march-1

KARAKTERISTIK

Lalu, jika kita berbicara soal kerakter orang yang lahir di bulan maret, rasanya orang kelahiran maret itu mempunyai keunikannya sendiri (termasuk saya sendiri hehe). Orang yang lahir di bulan Maret disebutkan memiliki beberapa kualitas yang unik yang membedakan mereka dari orang lain.

Mereka memiliki bakat unik, mereka membangun mitra yang baik dan mereka bisa mendapatkan hasil maksimal dari setiap situasi.Kebanyakan mereka yang lahir di bulan Maret tidak takut untuk menghadapi tantangan dan memecahkan masalah. Berikut beberapa sifat baik dari orang-orang yang lahir pada bulan Maret:

1. Mereka sangat intuitif

Orang yang lahir di bulan Maret sangat intuitif dan susah untuk menipu mereka. Mereka dapat merasakan langsung sesuatu yang jahat. Oleh karena itu, mereka dapat membuat musuh benar-benar kuat. Jika Anda lahir pada bulan Maret, menumbuhkan intuisi setiap hari dapat mempertajam dan memiliki kekuatan besar seperti itu.

2. Mereka murah hati

Orang yang lahir pada bulan Maret diberkati dengan kualitas kelas atas seperti kemurahan hati dan simpati. Kemurahan hati mereka membantu mereka memenangkan kekaguman dan cinta orang lain yang mendorong mereka mudah disukai dan banyak yang tertarik kepada mereka. Orang yang lahir Maret memiliki sifat relawan, mereka selalu siap untuk membantu siapapun yang membutuhkannya.

3. Mereka setia

Orang-orang yang lahir di bulan Maret sangat jarang menipu atau menyakiti orang yang mereka cintai. Mereka adalah mitra yang snagat setia dan mereka tetap berada disamping orang-orang ynag mereka kasihi, misalnya pacar, dalam keadaaan apapun. Mereka mencoba untuk menghindari orang-orang yang berpikir bahwa ketidaksetiaan bukan akhir dari dunia. Mereka tetap berpegang pada prinsip-prinsip mereka sendiri dan membiarkan pasangan mereka tahu apa yang mereka inginkan dalam suatu hubungan.

4. Mereka lebih suka ketenangan

Orang yang lahir di bulan Maret suka melarikan diri dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Orang yang lahir di bulan Maret dapat dijumpai di tempat yang tenang, karena menreka senang tenggelam dalam pikiran mereka sendiri. Mereka akan menjauh dari orang-orang yang dianggapnya norak dan keras. Mereka lebih cenderung memilih ketenangan dan kedamaian di atas ketenaran dan kekayaaan setiap harinya. Tentu, tidak semua orang yang lahir di bulan Maret itu pemalu dan tertutup, meski sebagian dari merka seperti itu. (Baca: Peluncuran Grand Theft Auto 5 untuk PC Ditunda Hingga Maret)

5. Mereka adalah filsuf yang baik

Orang yang lahir pada bulan Maret adalah filsuf yang sangat baik. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu untuk berpikir atas kesulitan dan kebahagiaan hidup mereka dan banyak hal lainnya. Kualitas ini membantu mereka menemukan kebahagiaan sejati dalam hidup dan menikmati kehidupan mereka sepenuhnya. Satu-satunya masalah adalah bahwa mereka cenderung berkutat pada kesalahan masa lalu. Bila Anda tahu bagaimana mengatasi pikiran dan emosi, itu bagus untuk menjadi seorang filsuf.

6. Mereka berbakat

Faktanya, setiap orang memiliki bakat uniknya masing-masing. Orang-orang yang lahir di bulan Maret sangat berbakat dan mereka biasanya memiliki pemikiran yang lebih kebidang artistik. Mereka sangat mencintai musik, seni rupa bahkan sastra. Tak heran jika banyak seniman dan penyair terkenal yang berulang tahun pada bulan Maret.

7. Mereka antusias

Orang-orang yang lahir di bulan Maret sangat ceria dan mereka memiliki semangat hidup yang tinggi. Antusiasme mereka dapat menular pada orang di sekitar mereka dan mereka menyebarkan kebahagiaan di manapun mereka pergi. Mereka terus tersenyum bahkan dalam situasi yang paling sulit. Sifat-sifat baik dari orang-orang yang lahir di bulan Maret ini patut untuk ditiru.

8. Mereka dapat beradaptasi dengan situasi apapun

Lembah atau gurun, gunung atau dataran, dingin atau panas, orang yang lahir di bulan Maret dapat beradaptasi dengan setiap medan dan situasi. Kemampuan untuk beradaptasi dengan hampir setiap situasi adalah salah satu ciri terkuat orang yang lahir pada bulan Maret.

9. Mereka dapat menjadi “Sarang Curhat” yang baik

Karena mereka mempunyai antusiasme yang tinggi dan memiliki kemampuan sebagai filsuf, maka tak jarang orang dalam kelahiran  Maret menjadi tempat curhat favorit bagi teman-temannya. Meskipun terkadang dalam pemberian solusi terkesan sama saja dengan orang biasa, namun Mereka mempunyai cara penyampaian tersendiri untuk meyakinkan orang tersebut agar menemukan jalan keluar dari masalahnya. Inilah keunikan dari orang kelahiran bulan Maret.

Mungkin saja tidak semua orang kelahiran bulan Maret sesuai dengan sifat-sifat diatas. Tetapi ini adalah sifat dominan orang kelahiran bulan Maret. Terlepas dari itu pula,setiap individu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang telah diberikan oleh Tuhan, tugas kita hanya mengembangkannya dan menjadikan semua itu bermanfaat bagi orang lain.

Semoga bermanfaat,Terima Kasih 🙂

 

*note : Selamat Ulang Tahun untuk semua makhluk yang terlahir di bulan ini, Semoga menjadi pribadi yang lebih baik .God Bless 🙂

22 Februari, Happy Founder’s Day!

Lord Baden-Powell

 

Selamat Pagi Dunia, selamat pagi Indonesia, selamat pagi Bintan, selamat pagi semuanya,selamat pagi keluarga, selamat pagi kamu smile emoticon

Hari ini,Rabu 22 Februari 2017 mungkin terasa Biasa saja bagi sebagian besar orang. Tetapi bagi sebagian kecil orang (khususnya anak pramuka) hari ini adalah hari spesial, yang merupakan hari lahir seseorang yang akan mendirikan Gerakan Kepanduan / Gerakan Pramuka, Salah satu Organisasi Kepemudaan Terbesar di Dunia. Yap,dialah  LORD ROBERT STEPHENSON SMYTH BADEN-POWELL of GILWELL. Nah sekarang…….

Siapakah Baden Powell itu ?

Sejarah Seorang Baden Powell yang menjadi bapak pandu sedunia (Chief Scout of The World) tidak bisa kita pisahkan dari sejarah kepanduan di Dunia dan terutama di Indonesia. Selain sebagai pendiri gerakan kepanduan sedunia, Pengalaman seorang Baden Powell lah yang mendasari sebuah Minat, Pengembangan dan Pembinaan Remaja di Inggris yang kemudian berkembang dan diadaptasi sebagai sistem pendidikan kepanduan sedunia.

 

Robert Stephenson Smyth Baden Powell

Baden Powell Lahir di Paddington, London Pada Tanggal 22 Februari 1857. Dia adalah anak ke-6 dari 8 di keluarganya.  Nama kecilnya yaitu Robert Smyth Baden Powell, Powell merupakan nama dari ayahnya yaitu Baden-Powell yang merupakan seorang pendeta dan juga merupakan seorang Dosen Geometri di Universitas Oxford. Sedangkan nama Smyth diambil dari nama ibunya, Henrietta Grace Smyth 

Setelah Baden Powell Berumur 3 tahun sebuah tragedi menimpa keluarga Powell, Bahwa Baden Powell harus menerima kenyataan tersebut karena ayahnya telah meninggal pada saat baden powell masih kecil, Robert Stephenson mendapatkan Pendidikan dari Ibu dan Kakak-kakaknya . Peran seorang ibu Baden Powell sangatlah erat dengan beliau karena beliau pernah mengatakan bahwa “Rahasia Keberhasilan saya adalah ibu Saya”
 

Powell Kecil
Powell kecil dikenal dengan dengan anak yang Sangat Cerdas, Gembira dan juga Lucu sehingga teman-temannya banyak yang menyukainya, selain cerdas Powell kecil juga seorang yang jago memainkan alat musik Seperti Piano dan Biola, dan Powell kecil juga suka ber-teater, Hobi lain dari Powell ialah Berenang, Berlayar, Berkemah, Mengarang dan Menggambar. Perkenalannya kepada kemahiran pramuka adalah memburu dan memasak hewan – dan menghindari guru – di hutan yang berdekatan, yang juga merupakan kawasan terlarang.

 
Bergabung Dengan Militer

Setelah selesai bersekolah di Rose Hill School, Tunbridge Wells, Robert Stephenson (Baden Powell) Mendapatkan sebuah beasiswa untuk bersekolah di Charterhouse. Dan setelah dewasa baden powell Remaja bergabung dengan Militer Inggris, Setelah bergabung dengan Militer inggris Baden powell sering mendapatkan tugas diluar inggris, Seperti bergabung dengan 13th Hussars di India pada Tahun 1876, setelah itu mendapatkan dinas khusus ke Afrika pada tahun 1895, lalu memimpin pasukan Dragoon V pada tahun 1897, Menjadi pemimpin Resimen di Zulu, Afrika selatan dan saling berlatih dan mengasah kemahiran kepanduannya dengan suku Zulu pada awal 1880-an di jajahan Natal Afrika Selatan di mana resimennya ditempatkan dan ia diberi penghargaan karena keberaniannya. Ada 3 penghargaan yang diberi angkatan perang Zulu yaitu:

Impressa : serigala yang tak pernah tidur, karena dia sering berjaga-jaga saat malam.
Kantankye : orang pemakai topi lebar, karena dia selalu memakai topi lebar.
M’hlalapanzi: orang bertiarap yang siap menembak.

Menjadi kepala Staff di Rhodesia Selatan pada tahun 1896 yang sekarang kita kenal dengan Nama Zimbabwe, Memimpin Mafeking Cadet Corps di Mafeking, Afrika selatan pada tahun 1899-1900.

 

Selama menjadi seorang Tentara, banyak hal yang dialami beliau. Diantaranya adalah sebuah pengalaman :

  • Saat menjadi pembantu Letnan pada 13th Hussars yang berhasil mengikut jejak kuda yang hilang di puncak Gunung serta melatih panca indera kepada Kimball O’ Hara.
  • Bersama Mafeking Cadet Corp, mempertahankan kota Mafeking, Afrika Selatan, meskipun di kepung oleh bangsa Boer selama 127 Hari dalam kondisi kekurangan makan. Padahal the Mafeking Cadet Corp hanyalah sebuah Pasukan pembawa pesan yang tidak berpengalaman menghadapi musuh
  • Pernah dipindahkan ke dinas rahasia Inggris. Dia sering bertugas dengan menyamar sebagai pengumpul kupu-kupu, memasukkan rancangan instalasi militer ke dalam lukisan-lukisan sayap kupu-kupunya

Setelah mengalami beberapa pengalaman yang menakjubkan, Baden Powell lalu menulis Sebuah buku yang berjudul “Aids To Scouting” pada Tahun 1899, Buku ini sebenarnya diperuntuhkan untuk para Tentara di Inggris tapi Buku ini laris karena Peminatnya dari berbagai kalangan Seperti Guru dan Organisasi pemuda yang ada pada saat itu.

 

Melihat banyaknya peminat dari Buku “Aids To Scouting” , dan atas saran dari William Alexander Smith (Pendiri Boys Brigade, Salah Satu Organisasi kepemudaan di Inggris) Baden Powell lalu berniat untuk menulis ulang buku tersebut dengan menyesuaikan dengan pembaca Remaja yang bukan dari ketentaraan. Untuk menguji Ide barunya, Pada Tanggal 25 Juli – 02 Agustus 1907 Baden Powell mengadakan perkemahan yang berlokasi di BrownSea Island bersama dengan 22 Anak Laki-laki yang berlatar belakang berbeda, Hingga pada tahun 1908 terbitlah buku baru yang ditulis oleh baden powell Berjudul “Scouting For Boys” Yang kemudian buku ini menjadi acuan bagi kepanduan di dunia

 
Baden Powell Pensiun

Pada tahun 1910, Atas saran Raja Edward VII, Baden Powell memutuskan untuk pensiun dari ketentaraan dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal untuk fokus pada pengembangan  pendidikan kepanduan/kepramukaan

 

Pada Januari 1912 Baden-Powell bertemu calon isterinya Olave Soames di atas kapal penumpang (Arcadia) dalam perjalanan ke New York untuk memulai Lawatan Pramuka Dunia. Olave berusia 23, Baden-Powell 55, dan mereka berkongsi tanggal lahir. Mereka bertunangan pada September tahun yang sama dan menjadi sensasi pers, mungkin karena ketenaran Baden-Powell, karena perbedaan usia seperti itu lazim pada saat itu. Untuk menghindari gangguan pihak pers, mereka melangsungkan pernikahan secara rahasia pada 30 Oktober 1912 . Mereka tinggal di Hampshire, Inggris dan dianugrahi 3 Orang anak (Satu laki-laki dan Dua Perempuan). Anak laki-lakinya kemudian menggantikan posisinya pada 1941.

 

 

Baden Powell Wafat

Pada Tahun 1930-an Baden Powell berhadapan dengan masalah kesehatan dan mengalami beberapa penyakit, ia menderita sakit kepala terus-menerus, yang dianggap dokternya berasal dari gangguan psikomatis dan dirawat dengan analisis mimpi. Sakit kepala ini berhenti setelah ia tidak lagi tidur dengan istrinya dan pindah ke kamar tidur baru di balkon rumahnya, pada tahun 1939 Powell dan Olave memutuskan untuk pindah dan tinggal di Nyeri, Kenya. Hingga pada Tanggal 8 Januari 1941 Baden Powell menghembuskan nafas terakhirnya dan dimakamkan di Pemakama St.Peter, Nyeri, dekat Gunung Kenya,pada 8 Januari 1941.

Pada 1938 Royal Academy of Sweden menganugerahkan Lord Baden-Powell dan semua gerakan pramuka hadiah Nobel Perdamaian untuk tahun 1939. Tetapi pada 1939 Royal Academy memutuskan untuk tidak menganugerahkan hadiah untuk tahun itu, karena tak lama kemudian Perang Dunia II pecah

 

 

Teladan Dari Baden-Powell

  • Beliau memiliki banyak bakat yang dapat membuat orang-orang menjadi berguna. Dari anak anak sampai yang tua,dari yang tanpa skill sampai yang mahir di bidangnya, semua diberdayakan.
  • Beliau tidak putus asa dalam peperangan, malah menciptakan gerakan baru untuk pemuda,yang sekarang populer dengan nama gerakan pramuka.
  • Beliau memberi orang-orang kepercayaan,sehingga membuat orang-orang merasa Percaya diri dan dihargai atas kerjanya.

Adapun Makna dari riwayatnya :

  • Belajarlah untuk tidak putus asa dalam segala situasi.
  • Semua orang punya kecerdasan masing-masing,jadi harus di gali sebaik mungkin agar maksimal
  • Belajarlah untuk memberi kepercayaan kepada orang lain,supaya dia merasa dihargai dan berguna.
  • Terbukti bahwa pemuda punya banyak andil dalam perkembangan dunia. Jadi, Ayo kita ubah Indonesia dan Dunia menuju arah yang lebih baik!!
  • Dan terakhir, Baden-Powell aja nikahnya pas umur 55, istrinya umur 23 tahun lagi. Jadi, jangan langsung khawatir kalo jodohmu belum juga terdeteksi, mungkin aja jodoh mu belum lahir :v

 

Happy Founder’s Day, Kami  Jadi  Pandumu  smile emoticon

 

 

 

Pelajaran Dari Komputer

PHILOSOPHY

Setiap benda/barang mempunyai filosofi nya sendiri. Kenapa? Karena semuanya punya peranan dalam roda kehidupan,walaupun itu benda mati sekalipun. Tetapi yang hendaknya kita perhatikan, adalah bagaimana benda benda tersebut memberi kegunaan bagi manusia. Sama seperti kehidupan, kita pun hendaknya punya “kegunaan” bagi makhluk lain. Kali ini,saya ingin mengambil Filosofi dari komponen komponen komputer (maklum anak teknik ga ngerti IPA/IPS :v) dan bagaimana hendaknya manusia berperan seperti mereka dalam kehidupan sehari hari. So,Keep Scrolling!

Jadilah dirimu seperti Casing yang selalu dan mampu melindungi dan menjaga semua komponen yang ada dalam lingkungan.

Jadilah dirimu seperti Motherboard yang selalu menjadi pemimpin yang adil dan ‘Parental’ di dalam kehidupan dan lingkungan.

Jadilah dirimu seperti Processor yang selalu berperan aktif dan di butuhkan dalam masyarakat.

Jadilah dirimu seperti Harddisk yang selalu menyimpan hal-hal yang positif dan tidak akan hilang walaupun engkau mati.

Jadilah dirimu seperti RAM yang mampu mengakses dengan cepat dan akurat informasi-informasi yang bersifat positif.

Jadilah dirmu seperti Vga Card yang mampu mengeluarkan dan merias tampilan anda, sehingga terlihat lebih rapih dan enak di pandang.

Jadilah dirimu seperti Sound Card yang selalu mengeluarkan suara penuh lemah lembut dan santun

Jadilah dirimu seperti Monitor yang mampu mengeluarkan cahaya wajah yang selalu mempesona dan menawan.

Jadilah dirimu seperti Printer yang mampu mencetak beribu-ribu karya terbaik.

Jadilah dirimu seperti Keyboard yang selalu meng-inputkan kata-kata yang baik dan sopan.

Jadilah dirimu seperti Mouse yang mampu memudahkan dan menjalankan setiap aplikasi-aplikasi di lingkungan.

Jadilah dirimu seperti Power Supply yang mampu menghidupkan semangat bagi komponen lainnya,yang tak lain adalah temanmu

 INGAT!! Hidup itu seperti CPU. Ketika kau meng’input’ sesuatu yang baik,maka ‘output’nya akan baik pula,begitu pun sebaliknya

Iman itu pula bagaikan Antivirus , ketika kau tak mengaktifkannya,maka masuklah semua Virus yang siap merusak hidupmu

Dan yang terpenting yaitu :        “Untuk mencapai yang terbaik dari mimpimu,kau harus melalui ratusan bahkan ribuan urutan langkah yang tak selalu lurus. Pasti ada simpang-simpang ‘pilihan’ yang siap membuatmu menjauh dari mimpimu.”

Tetapi kau harus yakin. Dengan semua pilihan terbaik mu, ALGORITMA HIDUPMU AKAN BERAKHIR DENGAN INDAH  

Terima Kasih,semoga hari mu menyenangkan :)-RLH

Kesalahan-Kesalahan Pada Pengguna Smartphone Pemula

Image result for gambar android
“Malu Bertanya,sesat lah smartphone”
Dewasa ini volume pengguna smartphone kian bertambah, dari hari ke hari banyak sekali pengguna yang ingin mencicipi kehebatan ponsel pintar tsb, mulai dari anak-anak hingga orang tua yang giginya sudah tinggal satu.
Menggunakan smartphone  banyak sekali suka dukanya. Apalagi pengguna yang masih newbie atau istilah kerennya pengguna kemarin sore (maaf). Bagi para newbie ini, saat menggunakan smartphone  banyak sekali kesalahan-kesalahan, diantara kesalahaan-kesalahan itu, berikut kami paparkan; Semoga setelah membaca ini anda yang newbie bisa berbenah dalam menggunakan smartphone Anda.
Mendowload banyak sekali Aplikasi
Para pengguna Android yang baru mencicipi smartphonenya, gila dengan berbagai macam aplikasi sehingga mengunduhnya sampai memori penyimpanan penuh, gak muat lagi. Setelah penuh, mereka kelalapan karena smartphonenya gak bisa digunakan lagi, sudah melambat.
Mengklik Iklan yang disebabkan oleh Ketakutan Smartphonenya Rusak
Biasanya para newbie android gemar sekali browsing situs-situs berbau (pokoknya berbau), pada kebiasaan situs tersebut dipenuhi dengan iklan yang menakutkan, seperti browser anda rusak, smartphone anda bervirus, OS smartphone anda usang, dan lain-lain yang inti menakut-nakutkan sehingga si newbie langsug klik iklan dan mengunduh aplikasi iklan tersebut.
Tamak akan Sosial Media
Bukan hal baru jika semua orang ingin eksis di dunia maya. hal ini pula yang membuat newbie android instal dan sign up di berbagai social media. Padahal aplikasi sosial media paling banyak memakan space RAM, karena aplikasi tersebut dari hari ke hari databasenya meningkat dan membuat RAM smartphone penuh, otomatis membuat smartphone melambat.
Mendownload Banyak Game
Hal ini juga banyak dilakukan oleh newbie. Mendownload semua game yang bellum tentu bisa dimainkan, tanpa tahu seberapa kekuatan smartphone tersebut untuk menampung game yang ingin kita mainkan.
Kembali ke Layar Utama dengan Tombol Home
Hal ini sebenarnya juga berpengaruh pada lancar tidaknya pengguna menggunakan smartphone. Jika terus menerus kembali dengan tombol Home maka riwayat penggunaanya akan terus tersimpan, dan bisa menyembabkan smartphone android leg dan kelancaran bermainnya kurang.
Pengunaan Live Wallpaper
Apabila kita ingin mempercantik tampilan Android dengan dibumbui efek animasi yang memukau, maka pilihan akan jatuh pada sebuah live wallpaper.Pada saat ini, live wallpaper menjadi pilihan para pengguna Android. Namun, live wallpaper memiliki satu hal negatif, dimana membuat sebagian pengguna Android enggan untuk menggunakannya. Ya, tidak lain dan tidak bukan hal negatif tersebuat adalah karena fitur ini cukup menguras daya baterai.
Unduh aplikasi asing di luar Google Play Store/ Store dari Brand nya sendiri
Pada perangkat dengan sistem operasi Android, pengguna memang dibebaskan untuk menginstall aplikasi dari mana saja di luar toko aplikasi resminya, Google Play Store, dengan catatan resiko yang mungkin terjadi harus ditanggung sendiri.
Ini karena memang keamanannya tidak terjamin dan sangat tidak disarankan untuk melakukannya. Karena bisa jadi file APK yang Anda unduh merupakan malware yang dapat merusak sistem di dalam perangkat Anda.
Home screen dipenuhi widget
Widget sangat berguna bila kita ingin mengetahui berbagai macam informasi secara real time tanpa harus mengakses aplikasinya melalui menu drawer, contohnya widget Facebook dan Twitter. Masalahnya, bila kita menaruh banyak widget pada layar utama, hal tersebut juga mempengaruhi daya tahan baterai.
Pilihlah widget yang dianggap penting, dan usahakan meletakkan widget seperlunya saja. Jika terlalu banyak widget ditampilkan pada home screen, kecepatan perangkat akan menurun karena para widget tersebut memakan banyak ruang pada RAM.
Lupa mengaktifkan paket data berlangganan
Ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang biasa dilakukan pengguna baru smartphone Android. Dengan lupa mengaktikan paket data, otomatis pulsa akan tersedot habis jika digunakan untuk mengakses aplikasi yang harus terhubung dengan internet. Oleh karena itu jika pengguna belum mendaftar paket internet yang disediakan diharapkan menonaktifkannya terlebih dahulu melalui menu setting > wireless & network > mobile network setting, dan unceklist di bagian data.
Mengaktifkan seluruh jaringan
Semakin banyak koneksi yang dibiarkan aktif ketika tidak digunakan, seperti WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan jaringan lainnya ,maka akan dapat menguras baterai Anda semakin cepat.
Oleh karena itu Anda bisa menonaktfikan fitur jaringan tersebut. Misalnya, saat akan tidur, atau saat akan mengemudi kendaraan yang mana saat itu Anda tidak mengoperasikan perangkat Anda.
Lupa melakukan update
Google/ Apple atau pengembang aplikasi akan terus mendorong pembaruan perangkat lunak Android untuk memperbaiki celah, meningkatkan performa, dan menambah fitur baru agar membuat perangkat lebih aman.
Perangkat Android selalu mengingatkan Anda untuk melakukan pembaruan terhadap aplikasi. Jika notifikasi yang mengingatkan Anda untuk memperbarui aplikasi maka jangan abaikan notifikasi tersebut.
Melupakan slot MicroSD
Terkadang para pengguna Android yang baru saja berpindah dari iPhone lupa jika kebanyakan perangkat Android memiliki slot microSD, sehingga para pengguna bisa memiliki alternatif penyimpanan untuk data jika sewaktu memori internal sudah terasa penuh. MicroSD ini pula dapat digunakan sbg tempat backup data ketika penyimpanan internal tiba tiba terformat.
Tidak dikustom
Mungkin banyak yang berpikir bahwa menu dari Android itu biasa saja. Padahal tidaklah demikian.
Jika seandainya mau mencoba tentu Anda akan ketagihan dengan banyaknya launcher kustomisasi menu dan kekomplitan fiturnya yang Anda bisa lakukan. Bahkan jika tahu rahasia nya, anda bisa menambahkan fitur-fitur tertentu yang dapat membantu
Tidak menggunakan fitur Keamanan
Pengguna smartphone Android mungkin bukan hanya menggunakan perangkat seluler mereka untuk mengirim pesan dan telepon, beberapa di antaranya mungkin juga menggunakannya untuk menyimpan dokumen tentang pekerjaan atau lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan atau aplikasi keamanan yang terdapat pada bawaan Android. Anda dapat memiliki kunci layar dan enkripsi yang diaktifkan untuk lebih meningkatkan keamanan Anda.
Ada banyak jenis kunci layar yang tersedia untuk dimilih seperti password, pin, pola, dan membuka wajah, tersedia dalam pengaturan Android Anda. Bahkan ketika menetapkan pin atau pola kunci, cobalah untuk tidak membuat yang mudah bagi hacker untuk menebak password Anda.
Menyamakan dengan iPhone
Banyak pengguna yang bermigrasi dari platform iOS berharap Android untuk berperilaku dengan cara yang sama.
Tentu, pada dasarnya semua smartphone dengan berbagai macam OS sekarang ini sama bisa membuat dan menerima panggilan telepon, memeriksa email, dan melihat halaman web.
Namun, itu hanyalah luar fungsi dasar. Jika Anda menganggap bahwa smartphone Android dan iPhone sama, itu adalah hal yang salah, karena setiap platform melakukan tugas yang berbeda meskipun fiturnya sama.
Pesan dari saya : Jika belum tau,bertanyalah kepada teman yang lebih tahu seluk beluk smartphone android. Jika merasa tidak sanggup,silahkan lambaikan tangan ke kamera dan jual saja gadget anda.
Sekian,Terima kasih

Memaknai Hari Sumpah Pemuda

sumpah-pemuda

Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia

-Soekarno

             Selamat pagi Tuhan,selamat pagi tanah airku, selamat pagi Bintan, selamat pagi para pemuda yang baru saja terbangun dari tidur lelap dan tengah bersiap-siap untuk membangun negeri ini. Ungkapan selamat pagi, itulah kata pembuka yang pas dan sangat hangat, karena ketika terbangun di pagi hari adalah rutinitas kita yang diartikan dan dimaknai dalam sebuah ungkapan dan atau bentuk rasa syukur kita atas karunia hidup. Dimana seseorang terbangun dari tidur pulasnya, di dalamnya terjadi pelepasan beban fisik, fikiran, dan batin .

Ketika pagi hari fikiran kita masih murni dan segar, untuk memulai berfikir apa yang harus dilakukan setelah matahari mulai meninggi. Inilah titik awal ketika berbicara bagaimana langkah untuk mulai membangun negeri ini, negeri yang dimana kita ketahui sedang mengalami krisis yang tak kunjung usai, sejak runtuhnya Orde Baru. Jika kita berbicara tentang negeri ini dan pembangunannya, satu bagian yang tidak akan pernah kita hilangkan dan lupakan, yaitu pemuda. Seperti apa yang di sebutkan oleh orang-orang terkenal, bahwa pemuda adalah the agent of change, yang di bebani harapan-harapan sebuah bangsa.

Peran pemuda jelas sudah tidak dapat dibantah lagi, apalagi dalam runtutan sejarah bangsa ini. Sejak Zaman kerajaan dahulu, kita sudah mengenal sosok Pangeran Dipenogoro, yang baru berusia 16 tahun telah ikut berperang, kemudian Hayam Wuruk, yang masih belia sudah memimpin Kerajaan Majapahit, hingga masuk abad ke-19, ketika itu kita mengenal momen Kebangkitan Nasional bersamaan didirikannya Budi Utomo. Selang beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 1928, kaum muda mengguncang sejarah dengan mendeklarasikan Sumpah Pemuda, dimana seluruh organisasi pemuda se- nusantara berkumpul dan mengikrarkan tiga sumpah yang sekarang kita kenal dengan Sumpah Pemuda.

Seperti yang kita ketahui,ada tiga butir penting sumpah pemuda yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor bagi negara kita. Sumpah pemuda di rumuskan oleh para pemuda, kemudian menjadikanya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri melainkan bersama-sama. Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja,ada banyak hal yag melandasi semangat para pemuda yang bertekad untuk bersatu. Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan karna itu diadakan Kongres I dan II. Mereka menadi satu menjadi pemuda Indonesia.

 

Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini yaitu dengan mengisi kemerdekaan. Akan tetapi,sudahkah kita meneruskan semangat para pemuda terdahulu? Terkadang kita di buat sedih dengan kenyataan para pemuda saat ini. Semangat mengisi kemerdekaan sangat kecil. Hanya karna sedikit salah paham, para pemuda sekarang bisa tawuran. Tak jarang pula banyak pemuda yang sudah kehilangan etika dan etiket terkait budaya kita. Mereka menghancurkan semangat sumpah pemuda. Masalah beberapa pemuda masa kini bukan hanya emosi tak terkendali melainkan bermental egois dan asyik dengan diri sendiri tanpa peduli dengan lingkungan. Pemuda zaman sekarang terlalu terlena dengan kemudahan yang ada. Akibatnya, mereka terjerumus ke hal-hal yang negatif. Mengapa ini terjadi ? faktor utamanya yaitu kurangnya penanaman rasa cinta tanah air sejak dini !

Akan tetapi,tidak semua pemuda zaman sekarang seperti mereka yang menghancurkan diri dan bangsanya. Masih banyak generasi penerus bangsa yang masih peduli dengan lingkungan dan menjunjung tinggi semangat sumpah pemuda. Jadi kenyataan pemuda saat ini adalah ada yang melupakan semangat sumpah pemuda dan ada pula yang tetap memegang teguh.

Apa yang harus kita lakukan sekarang?

Jika ada yang tetap bersemangat kita dukung dan mencontohnya. Sementara bagi yang lupa dan kurang bersemangat, kita ingatkan agar kembali ke semangat para pemuda yang dulu. Semoga semangat juang dari para pemuda terdahulu dapat diwariskan kepada kita,para campers garudamuda. Jayalah kaum muda,jayalah indonesia!

Note : Maaf Postnya telat,soalnya baru sempat hehe 🙂

Mengenal Pramuka Penegak

Image result for doodle pramuka

Hallo

Kali ini saya akan membahas tentang  pramuka,khususnya Pramuka penegak.

Tapi, apa sih Pramuka Penegak itu?

Pramuka Penegak merupakan golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Pramukaa yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun. Tingkatan golongan pramuka penegak ini merupakan penggolongan pramuka berdasarkan usia didik setelah pramuka Siaga (usia 7 – 10 tahun) dan pramuka Pengalang (usia 11 –15 tahun).Jadi,Biasanya Pramuka penegak itu berisi anak-anak SMA/SMK sederajat atau orang umum yang belum berusia 20 tahun

Penggunaan istilah ‘penegak’, sebagaimana istilah lainnya dalam kepramukaan, diambilkan dari romentisme sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kata ‘penegak’ (kata dasar ‘tegak’) merujuk pada tahap keberhasilan bangsa Indonesia dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tahap tegaknya (berdirinya) negara Indonesia ditandai dengan proklamasi kemerdekaan yang dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Tahap ini didahului oleh tahap-tahap sebelumnya seperti penyiagaan bangsa dan penggalangan persatuan dan kesatuan yang mana kedua tahapan itu kemudian dijadikan nama golongan anggota Gerakan Pramuka siaga dan penggalang.

Seseorang dapat menjadi pramuka penegak setelah menginjak usia 16 tahun. Sebelum dilantik menjadi pramuka penegak seorang calon pramuka penegak melewati masa yang dinamakan ‘tamu ambalan’ selama sedikitnya satu bulan. Selama menjadi tamu ambalan, calon penegak dapat mengikuti acara-acara tertentu dalam ambalan hingga kemudian dilantik dalam sebuah upacara penerimaan tamu ambalan.

Kode Kehormatan Pramuka Penegak

Sebagaimana golongan anggota Gerakan Pramuka lainnya, pramuka penegak memiliki kode kehormatan yang terdiri atas Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Satya Pramuka (janji) penegak disebut sebagai ‘Trisatya’ yang terdiri atas tiga butir janji. Sedangkan Darma Pramuka (ketentuan moral) penegak disebut sebagai ‘Dasadarma’ yang terdiri atas sepuluh butir sikap dan norma tindakan yang harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kepramukaan maupun di luarnya.

Adapun bunyi Trisatya dan Dasadarma untuk pramuka penegak adalah sebagai berikut:

Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  • menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila,
  • menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,
  • menepati Dasadarma.

Cat: Moment terbaik mengucapkan Trisatya adalah ketika seseorang / kelompok orang akan naik tingkatan / Menerima tanda penghargaan.

Dasadarma

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani, dan setia.
  9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Note : Dasadarma biasanya diucapkan ketika upacara kepramukaan,Baik upacara tradisi maupun upacara resmi

Pengorganisasian Pramuka Penegak

Pramuka penegak dikumpulkan dalam kelompok-kelompok. Kelompok atau satuan terkecil disebut ‘sangga’ yang terdiri atas 4 – 8 pramuka penegak. Sangga dinamai dengan nama-nama Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas, dan Pelaksana, atau nama-nama lain sesuai aspirasi anggota angga. Sangga dipimpin secara bergantian oleh Pemimpin Sangga (disingkat Pinsa) yang dipilih dari dan oleh anggota sangga yang bersangkutan.

Tiga atau empat sangga dengan total anggota antara 12 sampai 32 dihimpun dalam satuan yang lebih besar yang disebut sebagai ‘ambalan’. Ambalan dipimpin oleh seorang Pemimpin Sangga Utama yang disebut ‘Pradana’ yang dipilih dari dan oleh para Pemimpin Sangga dalam pasukan tersebut. Pradana yang terpilih tetap menjadi Pemimpin Sangga bagi sangganya. dalam kegiatannya, ambalan penegak dibimbing oleh seorang Pembina Penegak dan seorang Pembantu Pembina Penegak yang dipanggil dengan sebutan ‘kakak’ baik untuk putra maupun putri. Nama ambalan diambilkan dari nama-nama pahlawan atau tokoh sejarah, pewayangan ataupun legenda. Misalnya di SMK N 1 mengambil nama ambalan “Laksamana Hang Tuah”

Dalam ambalan dibentuk juga ‘Dewan Ambalan Penegak’ atau ‘Dewan Penegak’ yang diketuai oleh Pradana dengan dibantu oleh perangkatnya seperti Pemangku Adat, Kerani (Sekretaris), Bendahara, dan beberapa anggota dengan masa bakti selama satu tahun. Tugas Dewan Penegak antara lain:

  1. Merancang dan melaksanakan program kegiatan
  2. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan
  3. Merekrut anggota baru
  4. Membantu sangga dalam mengintegrasikan anggota baru dalam sangga
  5. Menyiapkan materi yang akan dibahas dalam Majelis Penegak

Selain itu untuk membina kepemimpinan dan rasa tanggung jawab dibentuk pula ‘Dewan Kehormatan Penegak’ yang bertugas menentukan pelantikan, penghargaan atas prestasi dan atau jasanya dan tindakan atas pelanggaran terhadap kode kehormatan serta merehabilitasi anggota ambalan.

Sistem Tanda Kecakapan Pramuka Penegak

Kecakapan pramuka penegak terdiri atas kecakapan umum, kecakapan khusus, dan pramuka garuda. Kecakapan Umum ditempuh dengan menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang terdiri atas dua tingkat yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana. Kecakapan khusus dicapai dengan menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus yang memiliki tiga tingkatan yaitu purwa, madya, dan utama. Pramuka penegak yang telah menyelesaikan kecakapan umum Pramuka Laksana dapat menempuh Pramuka Garuda. Nah,saat ini saya sendiri sudah menerima tanda kecakapan umum Tingkat Laksana,Doakan saja saya bisa menjadi teladan dan menjadi seorang Pramuka Garuda hehe 🙂

Lain-lain Tentang Pramuka Penegak

Di samping hal-hal di atas beberapa hal yang perlu diketahui terkait dengan pramuka penegak antara lain:

  • Pramuka penegak biasa disingkat dengan huruf ‘T’ yang diambil dari huruf pertama kata dasar ‘tegak’.
  • Pramuka penegak menggunakan kode warna berwarna ‘kuning’
  • Upacara dalam ambalan penegak menggunakan formasi barisan ‘perlombaan’ atau ‘berbanjar’ yaitu menghadap satu arah dengan Pinsa berada di depan dan anggota sangga lainnya di belakang Pinsa. Bentuk barisan ini mengandung filosofi terbukanya pandangan dan pola pikir para pandega dalam menerima pengaruh yang baik dari lingkungan sekitarnya.
  • Arti dan kiasan istilah-istilah dalam pramuka penegak:
    • Penegak dari kata ‘tegak’ yang mengiaskan periode setelah berhasilnya mensiagakan kemerdekaan bangsa dan menggalang  persatuan, maka bangsa Indonesia telah siap untuk menegakkan kemerdekaan yang ditandai dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI, pada tanggal 17 Agustus 1945.
    • Sangga mempunyai arti ‘gubug’ atau rumah kecil tempat penggarap sawah
    • Nama-nama sangga mulai dari ‘Sangga Perintis’ mengandung arti perintisan (menjadi pembuka/pelopor) dalam kebajikan; ‘Sangga Penegas’ mengandung arti kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana; ‘Sangga Pencoba’ mengandung pengertian keberanian mencoba segala sesuatu yang positif; ‘Sangga Pendobrak’ mengandung pengertian keberanian mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran; dan ‘Sangga Pelaksana’ mengandung pengertian keberanian melaksanakan sesuatu tugas dengan penuh tanggung jawab.
    • Kata Ambalan berasal dari bahasa Jawa  ‘ambal-ambalan’,  yakni kegiatan yang dilakukan terus menerus. Ambalan juga disebut sekumpulan orang yang sedang melakukan suatu pekerjaan.
    • Nama tingkatan SKU Penegak mulai dari ‘Bantara’ yang mempunyai pengertian kader, ajudan, pengawas pembangunan yang kuat, baik dan terampil serta bermoral Pancasila sekaligus bermakna sebagai calon pemimpin bangsa dan negara yang masih belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam memimpin; ‘Laksana’ mengandung arti pemimpin muda yang sudah  sanggup mengemban dan melaksanakan tugas pembangunan bangsa dan negara serta mempunyai tanggung jawab yang lebih besar.
  • Pramuka penegak dapat pula mengikuti atau bergabung dengan Satuan Karya Pramuka (Saka), semisal Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Tarunabumi, Saka Bahari, dll. Dalam Satuan Karya ini seorang penegak dapat mendalami materi sesuai bidang Saka nya,Misalnya Saka Bakti Husada bergerak di bidang Kesehatan. Jadi jika kamu ingin menjadi dokter / perawat silahkan bergabung ke satuan karya tersebut.

Mungkin sekian, kalau ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan kepada saya. Terima Kasih 🙂