My Story,  Technology

Xiaomi Xiaofang Kamera CCTV Handal dengan Kemampuan 1080P

Tahun 2017 yang lalu saya membeli dua buah kamera Xiaomi Xiaofang untuk dipasang di apartemen. Saya menggunakan kamera ini untuk memantau bayi saya di apartemen ketika saya dan istri lagi kerja. Maklum, anak pertama dan harus ditinggal bersama babysitter di apartemen jadi sedikit merasa was-was. Alhasil, ya saya pasang kamera CCTV ini agar saya bisa memantau bayi dari internet.

Pilihan saya untuk membeli kamera Xiaomi Xiaofang ini bukan tanpa pertimbangan, karena sebelum membeli produk untuk kebutuhan saya, saya telah melakukan riset beberapa kamera dengan segmen serupa yang menawarkan fitur yang sama. Dari hasil riset yang saya lakukan, memang Xiaofang yang lebih unggul dari segala sisi meskipun masih ada kekurangan tentunya.

Hal yang membuat saya jatuh hati dengan kamera ini adalah karena kamera Xiaomi Xiaofang ini “simple”. Bentuknya kecil, praktis, dan mudah untuk melakukan instalasi. Bagian kaki kamera tersebut juga telah dilengkapi dengan magnet yang bisa menempel dengan mudah pada permukaan metal. Jadi saya tidak perlu menginstal kamera dengan menggunakan bor atau baut. Sangat simple.

Untuk dapat terhubung pada gadget, kita hanya membutuhkan jaringan internet. Kebetulan di apartemen saya ada jaringan internet kabel yang siap untuk mendukung kerja kamera ini. Saya hanya perlu menyikronkan settingan jaringan dengan kamera dan smartphone saya. Dan setelah itu…saya dapat melihat semua aktifitas di apartemen melalui kamera ini dengan mudah.

Bagaimana sih sebenernya spesifikasi Xiaomi Xiaofang ini? Coba perhatikan spesifikasinya sebagai berikut:

  • Produsen : Xiaomi
  • Model : Kamera Cerdas Kecil Persegi
  • Dimensi : 50 50 50 mm
  • Berat : 100 g
  • Resolusi penuh : HD 1920 1080
  • Spesifikasi Lensa Aperture : F2.0, sudut lebar 110
  • Jarak pandangan malam : 9 m
  • Papan lampu inframerah : 2, 850nm, 0,5W
  • Sensor : asap dan alarm CO memonitor
  • Catu daya : 5V / 1A
  • Penyimpanan kartu : microSD (dukungan maksimal 64GB)
  • Kompatibilitas : Android, iOS
  • Warna putih
  • Paket Smart Camera x1
  • User Manual x1

Kemampuan Xiaomi Xiaofang untuk merekam dengan resolusi HD 1920 x 1080 memang sangat memukau saya. Gambarnya detail dan jernih. Sebagai kamera CCTV ia mempunyai kemampuan untuk menangkap gambar dengan angle yang luas. Bahkan, fitur inframerah otomatis akan sangat membantu ketika area yang diawasi CCTV terlihat gelap karena kurang pencahayaan.

Selain ada Infaramerah, Xiaomi Xiaofang juga dibekali sensor asap dan alarm CO. Hal ini akan memberikan keamanan ekstra terhadap rumah anda ketika memasang kamera ini. Jadi, ketika akan terjadi kebakaran, kamera ini dapat mendeteksi asap dan langsung mengirimkan notifikasi ke smartphone anda dengan segera.

Xiaomi Xiaofang

Selain melakukan penyimpanan file CCTV pada cloud server Xiaomi, kita juga bisa memanfaatkan media penyimpanan berupa microSD yang tersemat pada device. MicroSD yang dapat kita instal adalah dengan kapasitas maksimal hingga 64 GB. Luar biasa bukan. Dengan MicroSD 16 GB saja kita bisa merekam semua aktifitas selama 2 hari, jadi kalau 64 GB bisa jadi untuk merekam kegiatan 1 mingguan ya.

Pada tahun 2017 yang lalu saya membeli kamera ini dengan harga Rp 300.000an. Mungkin untuk tahun 2019 harganya sudah sedikit turun. Bisa jadi sudah berkisar Rp 250.000an. Coba anda chek langsung saja ke online store untuk memastikan berapa harganya sekarang.

Nah, 2 kamera Xiaomi Xiaofang milik saya sekarang sudah tidak pernah saya gunakan lagi karena anak saya sudah cukup besar untuk dititip di penitipan anak. Untuk itu saya berencana akan membagikan kamera ini secara gratis kepada yang beruntung. Saya akan give-away salah satu kamera saya ini bagi pembaca blog saya dan subscriber Youtube saya yang beruntung. Silahkan subscribe Youtube saya dan mention saya di kolom komentar di video mana saja dengan menyebutkan “Xiaomi Xiaofang Give-Away”, nanti akan saya berikan kamera saya bagi anda yang beruntung.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] post Xiaomi Xiaofang Kamera CCTV Handal dengan Kemampuan 1080P appeared first on Bhakti Adi […]