Kamu itu orang yang produktif, atau sekadar sibuk sih?

Personal Building

Di era industri saat ini, kata produktif menjadi sangat populer terutama dikalangan millenial dan para pemuda. Banyak orang mulai menyatakan bahwa ia merupakan seseorang produktif dan dapat dipercaya dalam melakukab hal. Namun banyak juga yang diantara kita yang belum menyadari makna produktif itu sendiri, serta apakah kita sebenarnya insan yang produktif atau hanya orang yang menyibukkan diri. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dan karakter antara orang yang produktif dan yang sekadar sibuk. Cekidot.

1. Misi Terukur vs Misi yang Tidak Terukur.
Orang sibuk cenderung tidak memiliki tujuan. Orang sibuk mengambil banyak langkah agar mendapatkan hal yang terbaik bagi dirinya.
Sementara orang produktif berbeda. Ia akan mengambil langkah yang jelas dengan tujuan yang dicapainya nanti. Dengan begitu, semua keputusan dan langkahnya lebih terukur.

2. Prioritas Orang Sibuk vs Prioritas Orang Produktif.
Orang yang sibuk akan mempunyai banyak prioritas untuk dijalankan. Terkadang hal tersebut menjadikannya tidak fokus sehingga hasilnya kurang sempurna.
Sementara orang yang produktif jelas memiliki prioritas dalam hidupnya yang tak sebanyak orang sibuk. Ia tahu mana yang akan dicapai dan akan jalankan sebagai prioritas utama.

3. Setuju Tanpa Pertimbangan vs Setuju dengan Penuh Pertimbangan.
Setuju tanpa pertimbangan menjadi ciri yang dimiliki orang yang suka dengan banyak kesibukan. Ia cenderung menerima tawaran dengan mudah tanpa berpikir mampu atau tidak.
Sementara orang yang produktif cenderung menerima tawaran dengan banyak pertimbangan. Karena itu, ia akan memperhitungkan terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya.

4. Bertidak Dulu Apa Pun Hasilnya vs Membayangkan Hasilnya Baru Bertindak.
Orang yang selalu sibuk cenderung fokus pada apa yang dikerjakan dan jarang memikirkan kejelasan dari hasil kerjanya nanti.
Sementara orang yang produktif cenderung memikirkan kejelasan dari apa yang dilakukannya. Orang produktif cenderung memikirkan dan mengevaluasi hasil kerja setelah melakukannya.

5. Menonjolkan Kesibukan vs Menonjolkan Hasil Kerja.
Sibuk dengan membicarakan tentang apa yang sudah dan sedang dilakukan adalah ciri-ciri orang sibuk. Sementara orang produktif cenderung berbicara tentang hasil dan pencapaian yang telah diraih.
Karena itu, orang yang produktif cenderung mempunyai pengalaman dengan pencapaian yang baik dibandingkan dengan orang sibuk yang memliki banyak aktivitas.

6. Menyelesaikan Setengah-Setengah vs Menyelesaikan hingga Tuntas.
Orang sibuk biasanya suka melakukan banyak hal, tapi menyelesaikannya setengah-setengah. Berbeda dengan orang produktif yang melakukan satu hal dan fokus pada hal tersebut hingga selesai.
Contohnya, orang produktif akan mengikuti kelas menulis dengan target akan menerbitkan buku dalam kurun waktu ke depan. Sementara orang sibuk akan mengikuti banyak kelas semisal menulis, tari, seni dan banyak lagi tanpa ada tujuan yang jelas.

Nah, begitulah kira-kira ciri dan karakter yang mengindikasikan seorang yang memang produktif atau hanya sibuk. Jadi sekarang, tipe yang manakah kamu millenial?

Credit to kompas.com for material

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of