Keseruan Garuda Muda (Virtual) Camp XII D & XIII B

Berita, Event, Pendidikan
Garuda Muda (virtual)

Garuda Muda (virtual) Camp telah dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 Juli 2020 yang melibatkan angkatan XII D dan XIII B. Meski dilaksanakan secara daring atau virtual, GMC kali ini masih tetap terasa seru dan menyenangkan seperti yang dituturkan banyak peserta Garuda Muda Camp.

Penyelenggaraan Garuda Muda camp secara virtual kali ini tentu saja bukan karena tanpa sebab. Hal ini tentu diakibatkan oleh diberlakukannya protokol ketat terhadap pencegahan penularan wabah penyakit Covid-19. Belum lagi saat ini Lagoi tengah memersiapakan pembukaan kembali kawasan sehingga seluruh protokol kesehatan harus dijalankan dengan serius. Hal ini berdampak pada proses penyelenggaraan GMC yang tidak dapat dilakukan seperti biasa dengan mengumpulkan seluruh peserta di township Lagoi. Meskipun demikian, Community Development Department selaku penyelenggara kegiatan ini tidak ingin menyerah begitu ssaja kepada keadaan.

Berbekal kepercayaan bahwa kegiatan GMC harus tetap berjalan, maka ide GMC virtual ini kemudian tercetus dengan banyak penyesuaian agar “soul” dan “feel” kegiatan tidak banyak yang berubah. Hal ini juga mengingat bahwa kegiatan GMC hanya dilakukan setiap 6 bulan sekali, maka tidak mungkin rasanya menunda lagi pelaksanaannya.

Dalam Garuda Muda (Virtual) Camp kali ini, fokus pengembangan siswa difokuskan pada kompetensi inti saja. Misalnya untuk angkatan XII, panitia memfokuskan pada Entrepreneur Project sedangkan angkatan XIII berfokus pada Bahasa Inggris. Keseluruhan materi ini dikemas dalam sebuah tema besar, yakni “Millenial kreatif dan berprestasi”.

Karena dilaksanakan secara daring, sebagian besar proses interaksi dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti Zoom dan Google Meet. Namun, demi melakukan penghematan terhadap kuota internet, panitia juga menerapkan forum diskusi (serta briefing) menggunakan Whatsapp. Interaksi ini tentu tidak hanya interaksi di kelas saat ada pembicara, namun juga saat melakukan proses coaching dengan kakak pembimbing, Komdis, dan atau panitia yang lainnya.

Pada hari terakhir, seluruh kelompok diwajibkan untuk membuat sebuah project kreatif yakni karya audio visual kreatif berupa drama virtual, komedi virtual, musikalisasi puisi, bernyanyi, dan vlog aftermovie. Kunjungi laman Youtube Garuda Muda Camp untuk melihat kompilasi final project mereka.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of