Seleksi Tulis Beasiswa HEA 2020

Aktifitas, Event, Inspirasi, Pendidikan, Personal Building, Tutorial

SELEKSI TULIS BEASISWA HEA PT. BRC 2020

Beasiswa HEA atau Beasiswa Higher Education Assistance adalah beasiswa unggulan yang diberikan oleh PT. Bintan Resort Cakrawala untuk putra-putri Bintan.

Kami mengundang adik-adik yang sudah melakukan pendaftaran program Beasiswa HEA 2020 untuk mengikuti tes seleksi tulis yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal  Sabtu, 30 November 2019
Waktu  Pukul 08.00 – Selesai
Tempat  CTE Lagoi (Kampus SBTI)
Keterangan  1. Berpakaian rapi dan bersepatu

2. Membawa alat tulis probadi (Pensil 2B dan Penghapus)

Periksa Nama Kamu dan Kelengkapan Dokumen

Jika kamu tidak menemukan nama kamu, segera hubungi 082391100919 dengan SMS atau Telfon

Teknis Seleksi

Peserta wajib hadir di lokasi tes yakni Aula CTE Lagoi (SBTI) pukul 08.00 untuk mengisi lembar presensi dan mempersiapkan tes.

Tes Potensi Akademik

Pukul 08.30 siswa mulai mengerjakan tes potensi akademik dengan waktu maksimal 90 menit. Total soal Tes Potensi Akademik adalah sebanyak 40 soal. Tes Potensi akademik meliputi:

  1. Reading Comprehension Bahasa Inggris
  2. Bahasa Indonesia
  3. Kemampuan Logika

Tes Kemampuan Dasar Saintek dan Soshum

Tes Kemampuan Dasar atau TKD dibagi menjadi 2 sub kategori yakni kelompok Saintek (Sain dan Teknologi) dan kelompo Soshum (Sosial Humaniora). Masing-masing dari peserta tes akan mendapatkan jenis tes TKD sesuai dengan kelompok jurusannya. Perhatikan tabel kelompok tes di bawah ini.

Kelompok Tes TKD Saintek TKD Soshum 
Kelompok Jurusan 1. Teknik Pengairan

2. Teknik Informatika

3. Pendidikan Matematika

4. Teknik Sipil

1. Pendidikan Seni

2. Pendidikan B. Mandarin

3. Ilmu Komunikasi

Bagi peserta tes yang antara pilihan jurusan 1 dan pilihan jurusan 2 ada pada kedua kelompok tes, maka akan mengikuti dua kelompok tes sekaligus yaitu kelompok TKD Soshum maupun Saintek. Misal kamu memilih Teknik Sipil sebagai pilihan pertama dan Ilmu komunikasi sebagai pilihan kedua, maka kamu akan mengikuti TKD Saintek untuk pilihan Teknik Sipil dan TKD Soshum untuk pilihan Ilmu Komunikasi.

Namun sebaliknya, jika kedua pilihan jurusan kamu berada pada kelompok tes yang sama, maka kamu hanya perlu mengikuti satu jenis TKD saja. Misal kamu memilih Pendidikan Bahasa Mandarin sebagai pilihan pertama dan Ilmu Komunikasi sebagai pilihan kedua, maka kamu hanya mengikuti TKD Soshum.

Kisi-Kisi TKD

Para peserta tes dapat memerhatikan beberapa panduan kisi-kisi dalam mengerjakan TKD, baik untuk TKD Saintek maupun TKD Soshum. Adapun kisi-kisi untuk kedua jenis TKD tersebut adalah sebagai berikut, berurut sesuai dengan nomor soal.

Penyelenggara Tes

Tes seleksi tulis beasiswa HEA 2020 diselenggarakan secara independen oleh tim panitia seleksi yang dibentuk oleh SMA Tunas Bangsa Yayasan Bintan Resorts. Seluruh soal dan penilaian dilakukan oleh tim SMA Tunas Bangsa.

Hasil Tes Tulis

Peserta yang lolos tes tulis akan dihubungi melalui telfon dan atau SMS untuk mengikuti tahap selanjutnya yakni Tes Psikologi, Tes Interview, dan FGD oleh tim panel beasiswa PT. Bintan Resort Cakrawala.

Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of