The Balancity of Academic and Non academic potential

Personal Building

Hi Guys, so lets start with bismillahirrahmanirrahim…

First of all, let me introduce myself shortly. My name is Jingga Rmadhintya, I´m 16 years old and student of High School 1 Bintan Utara.

Pada kesempatan kali ini, saya membahas topik yang tentu saja sudah tertera di judul yaitu Pentingnya Keseimbangan Antara Potensi Akademis dan non akademis.

Nah, sebelumnya apakah teman-teman tahu apa itu potensi akademis dan non akademis? Akademis secara Bahasa berasal dari kata akademi yang berarti Lembaga Pendidikan tinggi setingkat universitas, institut, atau sekolah tinggi. Akademis adalah kata sifat yang menunjukkan sesuatu yang bersifat ilmiah dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Sesuatu yang berdasarkan teori-teori yang telah diuji kebenarannya dan bersifat objektif. Prestasi akademik adalah kemampuan, kecakapan dan prestasi yang didapatkan seseorang dimana kemampuan tersebut dapat bertambah dari waktu ke waktu karena adanya proses belajar dan bukan disebabkan karena proses pertumbuhan.

 

Contoh potensi akademis :

-pandai matematika

– juara olimpiade biologi

Dan lain sebagainya

Next for the non academic potential, Non akademis adalah segala sesuatu di luar hal-hal yang bersifat ilmiah dan tidak terpaku pada satu teori tertentu. Berbeda dengan kempuan akademis, kemampuan non akademis seseorang sulit diukur secara pasti karena tidak ada salah dan benar di dalamnya. Misalnya seni melukis dimana tidak ada ukuran salah dan benar di dalamnya karena keindahan sebuah lukisan bias berbeda.beda tergantung orang yang melihatnya. Seperti lukisan abstrak yang terkadang hanya bias dipahami keindahannya oleh sebagian orang.

Contohnya :

-Jago bermain basket

– leadership

– good public speaking

– menari, melukis

Dan sebagainya. Nah itu tadi adalah definisi dari potensi akademis dan non akademis, yang akan kita bahas di sini adalah menyeimbangkan keduanya, karena keduanya merupakan suatu elemen yang sama-sama penting bagi kita untuk survive in real life.

Jika kita hanya mengandalkan salah satunya, maka hasil yang kita harapkan tidak akan maksimal atau tercapai. Contohnya jika seseorang mempunyai kemampuan leadership dan public speaking yang bagus banget nih, nah cita-citanya menjadi seorang manager. Apakah itu semua hanya bisa dicapai kalau kita Cuma mempunyai basic dua itu tadi? Jawabannya enggak.

Semuanya harus imbang alias balance, apakah menjadi seorang manager cukup dengan hanya mempunyai leadership dan good public speaking? Menjadi manager juga memerlukan intelegensi dan kriteria akademik yang mumpuni untuk mencapai hasil yang maksimal, agar ia dapat mempin dirinya sendiri dan mengayomi orang lain. Malu dong kalau sudah berbicara secara mantap, panjang dan lebar namun tidak nyambung dan tidak bisa menyelesaikan suatu masalah dengan tepat dan akurat, juga tidak bisa membentuk suatu strategi yang handal untuk kemajuan perusahaan yang dia pimpin?

So, disinilah letak pentingnya menyeimbangkan antara dua hal tersebut. Kita semua mempunyai kelebihan masing-masing yang Tuhan beri baik akademis maupun non,jangan minder jika kamu merasa “saya Cuma pandai melukis, saya tidak bisa yang lain,” Kamu pasti bisa! Lihat sendiri kan bahwa potensi itu adalah hal yang terbentuk dari suatu proses dan bisa terus bertambah.

Sementara bakat melukis kamu itu adalah anugrah dari Tuhan, kamu hanya tinggal mengasahnya lagi dan belajar dengan lebih giat untuk menyeimbangkan keduanya. Begitu juga yang memiliki potensi akademis, jangan pernah meremehkan potensi non akademis karena dengan kecerdasan yang sudah kamu miliki, ditambah lagi dengan kamu berani speak up, Wow Guys, that would be amazing!

Kesimpulan dari pembahasan tadi adalah seimbangkan kedua potensi tersebut agar kita bisa menjadi pribadi yang Tangguh di real life nantinya. Caranya? Terus asah, berusaha, gali potensi dan jangan lupa berdoa. Sukses selalu, terus berprestasi harumkan nama pulau bintan dan nusa bangsa. Pimpin diri kita ke arah yang lebih baik, lead yourself for a brighter future, Good luck!

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jingga Ramadhintya

SMAN 1 Bintan Utara

2
Leave a Reply

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Bhakti Adi Chadrajingga ramadhintya Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of